Saumlaki, 9/1 (ANTARA News) - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono dan Menteri Keuangan Sri Mulyani akan berkunjung ke Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) untuk meresmikan Jembatan Wear Arafura yang menghubungkan Pulau Larat dan Pulau Yamdena.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten MTB, Agustinus Songupnuan di Saumlaki, Rabu, menjelaskan bahwa dalam kunjungan tersebut, Menteri PUPR dan Menteri Keuangan akan didampingi oleh sejumlah Pejabat Esselon I dan II dari kedua kementerian tersebut.

Rombongan itu dijadwalkan berangkat dari Ambon ke Saumlaki menggunakan Pesawat Garuda dengan Nomor Penerbangan GA7644, dan direncanakan akan tiba di Bandara Mathilda Batlyare Saumlaki pada Kamis pukul 09.30 WIT.

?"Di Bandara Mathilda Batlyari, Menteri PUPR dan Menteri Keuangan serta rombongan akan dijemput oleh Bupati Maluku Tenggara Barat dan Forkopimda, dilanjutkan dengan upacara Doa Adat Tanimbar. Selanjutnya, menggunakan kendaraan darat, rombongan menuju Pulau Larat tempat peresmian Jembatan Wear Arafura yang berjarak kurang lebih 150 Km, dengan waktu tempuh 3-4 jam perjalanan" katanya.?

?Rombongan akan mampir sebentar untuk istirahat dan makan siang di Desa Lumasebu, Kecamatan Kormomolin sebelum melanjutkan perjalanan menuju Larat Kecamatan Tanimbar Utara.

?Di Larat, rombongan akan disambut oleh Camat Tanimbar Utara dilanjutkan dengan Doa Adat, bertempat di Lokasi Acara Peresmian Jembatan Wear Arafura.

Peresmian Jembatan Wear Arafura akan dilakukan oleh Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono atas nama Presiden Republik Indonesia dan dilanjutkan dengan istirahat, sholat, dan makan siang bersama di kediaman Camat Tanimbar Utara.

?"Rombongan Menteri PUPR dan Menteri Keuangan kembali ke Saumlaki menggunakan kendaraan darat dan menginap di Hotel Beringin Dua Saumlaki, dan dilanjutkan dengan makan malam bersama yang direncanakan dilaksanakan di Kediaman Bupati MTB" kata Agustinus.?

?Sebelum kembali ke Ambon pada Jumat, rombongan Menteri PUPR dan Menteri Keuangan akan melakukan kunjungan ke KPPN Saumlaki sekaligus makan pagi bersama. Dalam acara tersebut akan diisi dengan arahan Menteri Keuangan Sri Mulyani kepada Jajaran Pegawai Kemenkeu yang hadir, dan berlangsung kurang lebih 90 menit.

Selanjutnya rombongan Menteri PUPR dan Menteri Keuangan akan berangkat menuju Bandar Udara Mathilda Batlyare, dan terbang ke Ambondengan menggunakan Pesawat Garuda dengan nomor penerbangan GA7645.

?Jembatan Wear Arafura yang oleh masyarakat Kecamatan Tanimbar Utara ?disebut ?Leta Owaralan merupakan jembatan penghubung pulau Yamdena dan Pulau Larat.

?Diharapkan keberadaan jembatan tersebut dapat meningkatkan aksesibilitas dan mendukung pergerakan perekonomian di daerah tersebut.

Pewarta: Simon Lolonlun

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2019