Ternate, 24/1 (ANTARA News) - Empat negara yang lambangnya memiliki kemiripan dengan lambang Kesultanan Ternate berupa Burung Goheba berkepala dua akan berpartisipasi pada Festival Budaya Goheba Internasional di Ternate, Maluku Utara, pada Mei mendatang.

Ketua Panitia Festival Budaya Goheba Internasional, Hidayat Mudafar Syah di Ternate, Maluku Utara (Malut), Kamis, mengatakan keempat negara itu adalag Rusia, Albania, Serbia, dan Montenegro yang semuanya sudah menyatakan siap untuk berpartisipasi.

Panitia festival yang merupakan pertama kali digelar itu mengundang enam orang dari masing-masing negara tersebut, tetapi mereka akan membawa rombongan, sehingga keseluruhannya mencapai 100 orang, mereka di antaranya akan menampilkan tarian.

Menurut dia, melalui Festival Budaya Goheba Internasional yang merupakan rangkaian dari kegiatan tahunan Festival Legu Gham itu, dapat menjadikan Moloku Kie Raha atau sebutan untuk wilayah Malut akan menjadi destinasi wisata dunia.

Selain itu, melalui festival tersebut dapat mendorong dan meningkatkan aktivitas ekonomi kreatif, karena para pengunjung dari dalam dan luar negeri pasti akan menbelanjakan uangnya, misalnya membeli kuliner atau berbagai cenderamata.

Oleh karena itu, Hidayat Mudafar Syah mengimbau kepada semua pihak terkait di Malut, termasuk masyarakat untuk mendukung suksesnya penyelenggaraan festival tersebut, di antaranya dengan selalu menciptakan situasi yang aman, tertib, dan damai.

Pada festival yang diharapkan masuk dalam kegiatan pariwisata nasional tersebut, akan menampilkan berbagai seni budaya tradisional, baik dari Kesultanan Ternate maupun dari ketiga kesultanan lainnya di Malut, serta pameran potensi investasi dan ekonomi kreatif di daerah ini.

Ia menambahkan wisatawan yang akan berkunjung ke Ternate untuk menyaksikan Festival Budaya Goheba Internasional tidak perlu mengkhawatirkan ketersediaan akomodasi, karena di Ternate banyak hotel dan penginapan mulai dari kelas melati hingga bintang empat.

Akses transportasi dari dan ke Ternate, baik melalui udara maupun laut juga sangat lancar. Untuk transportasi udara misalnya ada sejumlah maskapai penerbangan yang melayani penerbangan langsung setiap hari dari Jakarta ke Ternate.

Pewarta: La Ode Aminuddin

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2019