Ternate, 11/2 (ANTARA News) - Gubernur Provinsi Maluku Utara (Malut), Abdul Ghani Kasuba mengajak insan pers di daerah ini untuk mendukung program pemerintah daerah melalui pembenahan berbagai sarana infrastruktur dan meningkatkan taraf hidup masyarakat agar lebih sejahtera.

"Gubernur mengajak pers agar bisa menjadi mitra pemerintah dan mengawal segala kebijakan dalam membangun pembangunan dan perekonomian di Provinsi Malut sebagaimana tema yang di usung HPN 2019," kata Kepala Biro Protokol Kerja Sama dan Komunikasi Publik (BPKKP) Setda Provinsi Malut, Armin Zakaria Armin , di Ternate, Senin.

Menurut Gubernur, keterlibatan insan pers menjadi mitra pemerintah daerah khususnya di Provinsi Malut untuk mengawal segala kebijakan yang diambil oleh pemerintah daerah.

Dia menuturkan, di momentum HPN 2019 menjadi refleksi dalam meningkatkan kemitraan antara insan pers dan pemerintah daerah, agar adanya keseimbangan dan pengawasan secara kontinyu.

Selain itu, dalam acara puncak HPN, Presiden Joko Widodo dianugerahi medali kemerdekaan Pers yang merupakan penghargaan tertinggi dari masyarakat pers kepada perorangan atau Lembaga yang dinilai berjasa besar bagi Pers.

"Medali tersebut dianugerahkan kepada Presiden Joko Widodo pada puncak peringatan HPN 2019 yang bertema Pers Menguatkan Ekonomi Kerakyatan Berbasis Digital," ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Dewan Pers, Stanley Adi Prasetyo dalam sambutannya sekaligus menyerahkan medali tersebut kepada Presiden.

Presiden yang biasa dikenal Jokowi itu mengaku bangga telah menerima Penghargaan tersebut.

Dalam momentm HPN tersebut, Presiden Jokowi mengatakan Pemerintah selama ini menjamin kemerdekaan dan kebebasan Pers, termasuk menerima segala kritikan sebagai kontrol sosial.

"Presiden Jokowi mengajak Pers terus meneguhkan jati dirinya sebagai sumber? informasi yang akurat dan terpercaya," katanya.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2019