Ternate, 21/2 (ANTARA News) - Polda Maluku Utara (Malut) menggelar upacara hari peduli sampah nasional(PSN) yang dipusatkan di dermaga Pelabuhan Ahmad Yani, Kota Ternate untuk menumbuh kembangkan semangat dalam menjaga kelestarian lingkungan.

"Kita ketahui bersama bahwa lingkungan merupakan tempat hidup bagi semua makhluk hidup,? oleh karena itu kita harus menjaga kelestarian lingkungan agar dapat hidup dengan nyaman," kata Kapolda Malut, Brigjen Pol Suroto di Ternate, Kamis.

Upacara ini melibatkan kurang lebih 1.050 orang dari TNI, Polri, Basarnas,? siswa sekolah, guru-guru dan instansi terkait lainnya.? Dan upacara ini dipimpin langsung oleh Kapolda Malut, Brigjen Pol Suroto.

Dalam arahannya, Kapolda menyatakan, saat ini kesadaran untuk menjaga kebersihan dikalangan kita sebagai warga masyarakat sangatlah kurang dan dilihat dari lingkungan kota yang masih terdapat banyak sampah

"Mulai hari ini dan mulai dari diri kita sendiri untuk tidak membuang sembarangan dan memungut sampah dari tangan kita sendiri untuk kemudian dibuang pada tempatnya," katanya.

Kemudian kegiatan ini dilanjutkan dengan Penandatanganan Kesepakatan Bersama Deklarasi HPSN 2019 serta dilanjutkan dengan bersih-bersih lingkungan di sekitaran Kota Ternate yaitu di Landmark Kota Ternate, Pantai Falajawa 1 dan di Pelabuhan Dermaga Pelabuhan Ahmad Yani Kota Ternate.

Kegiatan ini dihadiri juga oleh Wakil Wali Kota Ternate,? Wakapolda Malut, Danrem 152/Babullah, Pejabat Utama Polda Malut dan instansi terkait lainnya.

Sebelumnya, Pemkot Ternate juga melibatkan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk melakukan pembersihan sampah di sejumlah tempat kumuh di sekitar Pasar Gamalama Ternate.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2019