Ambon, 12/3 (ANTARA News) - Kota Kreatif Adelaide Australia mendukung Ambon menjadi kota musik dunia versi United Nations Educational, Scientific and Cultural Education (UNESCO).

Dukungan Adelaide sebagai kota musik kreatif disampaikan melalui electronic mail (e-mail) yang dikirim Director Office of Adelaide UNESCO City of Music, Rebeca Pearce kepada Ambon Music Office (AMO), kata Direktur AMO, Ronny Loppies.

"Dukungan dari Kota Adelaide di Australia itu, kami dapatkan melalui surat dukungan yang dikirim Director Office of Adelaide UNESCO City of Music, Rebeca Pearce lewat electronic mail (e-mail), Sabtu (9/3/2019)," katanya di Ambon, Selasa.

Menurut dia, surat dukungan Rebecca menilai Kota Ambon pantas mendapatkan predikat sebagai kota Musik Dunia versi UNESCO, karena musik penting bagi sebuah kota.

"Sepanjang sejarah musik telah menjadi alat perdamaian, solidaritas dan toleransi di Ambon. selain itu kami telah belajar, bahwa Ambon sekarang mendorong musik sebagai alat pengembangan ekonomi dan menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat Ambon," kata Ronny menyampaikan pesan Rebbeca.

Rebecca atas nama Adelaide UNESCO City of Music juga ikut mendoakan yang terbaik bagi Kota Ambon dengan usulannya, dan berharap semoga akan menjadi pertimbangan bagi UNESCO.

Ronny menyatakan, dukungan dari Kota Adelaide merupakan tindaklanjut dari kunjungan Pemerintah Kota Ambon, BeKraf, dan AMO pada Oktober 2018.

"Dukungan yang diberikan berbentuk dokumen tertulis, hal tersebut merupakan salah satu syarat untuk menjadi Kota Musik Dunia oleh UNESCO," ujarnya.

Saat berkunjung ke Kota Adelaide, pihaknya melakukan presentasi mengenai kota Ambon dan disaksikan oleh Adelaide City of music, pihak konservatorium dan town hall, serta symphony orchestra.

"Saat itu kami memperkenalkan rencana Ambon menjadi Kota Musik Dunia, dengan musik menjadi alat perdamaian, dan musik untuk solidaritas," katanya.

Pihaknya kata Ronny, berharap hal tersebut dapat menjadi sesuatu yang penting, dan menjadi faktor perkembangan ekonomi masyarakat di Ambon serta Ambon akan dikenal dunia.

"Kami saat ini juga sementara menunggu dokumen dukungan dari beberapa Negara lain yang telah di kujungi. Selain Adelaide di Australia, kami juga telah melakukan kunjungan ke Daigo dan Tongyong di Korea Selatan," tandasnya.

Dokumen dukungan Ambon sebagai kota musik dunia, merupakan salah satu faktor dukungan menuju kota musik dunia yang akan ditetapkan Oktober 2019.

"Berbagai dukungan menjadi modal bagi kota Ambon untuk mendaftarkan diri sebagai kota musik dunia ke Unesco," kata Direktur AMO.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2019