Gubernur Abdul Ghani Kasuba berkomitmen mendorong ekspor langsung dari Maluku Utara, sehingga pemerintah akan fokus mengembangkan fasilitas serta membenahi berbagai infrastruktur pelabuhan dan bandara.

"Jadi kita harus benahi fasilitas, baik darat, udara, dan laut, guna menunjang ekspor berbagai komoditi unggulan Maluku Utarake luar negeri," kata Gubernur usai acara penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dukungan ekspor langsung di Ternate, Maluku Utara (Malut), Jumat.

Menurut dia,  Maluku Utara yang memiliki kekayaan alam berlimpah, baik pada sektor pertanian, perikanan, pertambangan, maupun pariwisata, namun pemanfaatannya masih minim.

"Tapi dengan adanya  dukungan dari dari Bank Indonesia (BI), Bea dan Cukai, dan semua stakeholder termasuk pengusaha-pengusaha, saya yakin lima tahun ke depan kita akan lebih baik," kata Abdul Ghani.

Sementara itu, Kakanwil DJBC  Maluku, Finari Manan ketika dikonfirmasi mengatakan, dalam waktu yang tidak lama lagi akan dilakukan ekspor langsung komoditas dari Maluku Utara.

 MoU dukungan ekspor langsung dari Maluku Utara ditandatangani oleh Gubernur Maluku UtaraAbdul Ghani Kasuba, Kepala BI Maluku Utara Dwi Tugas Waluyanto, Kakanwil DJBC Maluku Finari Manan, Kepala Dinas Perindustrian dan perdagangan Asrul Gailea, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Buyung Radjiloen, Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Minera (ESDM) Imam Makhdy Hassan, Kepala Dinas Pertanian Idham Umasangadji, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Karim Dano Soleman, Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas II Ternate Andi P. M. Yusmanto, dan General Manager PT Pelabuhan Indonesia IV Cabang Ternate Herryanto.

Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara Kelas II Sultan Babullah Ternate Chairul Umam, Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas II Ternate Taher Laitupa, Kepala Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Ternate Abdul Kadir, Kepala Kantor PT Pelayaran Nasional Indonesia Cabang Ternate Adluwiyanto, General Manager PT Garuda Indonesia Cabang Ternate Agung Gunawan, Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama Ternate Irawan, Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Ternate Musafak, dan Kepala Kantor Pelayanan Pajak Tobelo Soebagio.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2019