Ketua PPK Sirimau, Victor Pattiasina mengakui hingga hari keenam proses penghitungan surat suara yang dilakukan sejak 18 April 2019 belum ada caleg DPD RI maupun DPR RI yang bisa dikatakan unggul secara signifikan.

"Ada 14 kelurahan di kecamatan Sirimau dan yang baru rampung dihitung surat suaranya adalah desa Galala dan kelurahan Ahusen," kata Victor di Ambon, Rabu malam.

Sedangkan petugas saat ini masih sementara melakukan penghitungan surat suara dari lima kelurahan diantaranya Uritetu, Amantelu, serta Kelurahan Waehoka.

Menurut dia, untuk TPS 1 Galala berpotensi diakukan PSU tetapi belum bisa dipastikan, karena proses PSU merupakan tugas pengawas dan bukan KPU sebagai penyelenggara.

"Apabila mereka merekomendasikannya belum langsung final dikatakan final oleh KPU sebab harus melewati proses pengkajian hukum lagi," ujar  Victor.

Jadi sejauh ini belum bisa dikatakan siapa caleg DPD RI yang paling unggul berdasarkan hasil hitung surat suara dari desa Galala dan kelurahan Ahusen, namun sebagai gambaran sementara calon senator yang meraih suara terbanyak adalah Nono Sampono dan Novita Anakotta.

Sama halnya dengan caleg DPR RI belum terlalu signifikan dalam perolehan suara karena hampir merata di semua TPS, sehingga yang dihitung adalah kursi parpol baru dibagi sesuai aturannya, siapa caleg suara terbanyak yang berpeluang.

Proses penghitungan suara tingkat PPK Sirimau dilakukan di gedung sport hall Karangpanjang Ambon dan mendapat pengawalan ketat aparat keamanan dari unsur Brimob Polda Maluku, personel Polres Pulau Ambon dan PP Lease, serta Polsek Sirimau dan dipimpin Kapolsek AKP Mido Manik.

 

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2019