Drama musikal dalam bentuk cerita, tarian, dan musik yang menceritakan Kota Ambon dahulu dan saat ini mewarnai pembukaan Ambon extravaganza 2019.

Drama musikal yang dimainkan para musisi lokal maupun nasional berdarah Ambon mendapat sambutan yang meriah dari para tamu undangan yang memadai lapangan Merdeka Ambon, Sabtu malam.

Cerita yang disampaikan melalui drama musikal tersebut yani kondisi Ambon dahulu dan saat ini yang sementara bertransformasi secara digital dengan membentuk dan mempersiapkan pattimura-pattimura muda menjadi masyarakat global yang siap bersaing di era digital.

Pembukaan Ambon Extravaganza dimeriahkan oleh sejumlah artis, seperti Nia Zulkarnaen, Ari Sihasale, Dodie Latuharhary, Pita Loppies, Nurul Toisuta, sanggar Paparisa Kacil, Amboina Fire Dance, dan JP Band.

Selain itu juga dimeriahkan penampilan Gubernur Maluku Murad Ismail dan Wakil Gubernur Maluku Barnabas Orno yang membawakan lagu Maluku Tanah Pusaka dan Parcuma.

Pemimpin Maluku yang baru dilantik Presiden Joko Widodo itu turut menghadiri pembukaan kegiatan Ambon Extravaganza, dengan membawakan lagu secara bergantian.
Wali Kota Ambon memberi sambutan pada pembukaan Ambon Extravaganza di Lapangan Merdeka Kota Ambon, Sabtu malam (27/4) (Penina Mayaut)

Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy menyatakan, Ambon Extravaganza merupakan ajang untuk memperkenalkan berbagai potensi "harta karun terpendam dari Timur Indonesia" (the hidden treasures of East Indonesia) dari segi seni, budaya, keindahan alam, hasil alam dan kuliner.

Harta karun yang terpendam tersebut selama ini tidak terangkat dan dikenal secara nasional dan internasional, seperti keindahan alam Pantai Namalatu, Pintu Kota, dan tarian-tarian Bambu Gila (yang bernuansa mistis), Tari Lenso, Tari Wayase, Tari Horlape, dan Dansa Tali.  

Sejumlah kegiatan telah disiapkan diantaranya: pesta rakyat Perahu Manggurebe  29 April 2019 yang dimulai dari kawasan Tapal Kuda Air Salobar dan berakhir di Jembatan Merah Putih, Pattimura Photography Competition 1-3 Mei, Ambon Clean City Day  pada 3 Mei.

Ambon Great Sale 1-31 Mei 2019, yakni Diskon bombastis selama bulan Mei yang diberikan untuk paket wisata, akomodasi, pusat perbelanjaan dan restoran di kota Ambon.

Sedangkan di bulan Juni kegiatan Ambon Extravaganza juga masih berlangsung dengan rangkaian kegiatan seperti Jojaro & Mongare 17-18 Juni, Ambon Young Enterpreneurs Bootcamp 19 Juni 2019, Kabaresi Street Festival 21 Juni 2019 dan Pattimura Music Festival 22 Juni 2019.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2019