Bupati Kepulauan Aru, Johan Gonga, menyatakan, stok beras di daerahnya saat ini cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat setempat hingga perayaan lebaran.

"Beras saat ini sebanyak 170 ton dan pekan depan masuk lagi 100 ton sehingga masyarakat, terutama beragama Islam tidak perlu resah menjelang Bulan Suci Ramadhan karena stok tersebut mencukupi kebutuhan hingga perayaan lebaran," katanya, di Ambon, Selasa.

Dia mengemukakan, stok cukup banyak sehingga harga berbagai jenis beras stabil, tanpa merincinya.

"Harga beras stabil dan tim pemantau dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis intensif mengawasi di pasar," ujar Bupati.

Dia mengatakan, bahan pokok masyarakat lainnya seperti gula pasir dan tepung terigu, juga tersedia cukup dengan harga stabil.

Begitu pula bawang, baik merah maupun putih, cabe, tomat dan sayur - sayuran harganya juga stabil.

"Jadi distributor bahan pokok masyarakat di Dobo, ibu kota kabupaten Kepulauan Aru senantiasa memasok dari pulau Jawa maupun Makassar," kata Bupati.

Dia mengakui, program tol laut yang digagas Presiden Jokowi turut menjamin stok kebutuhan pokok masyarakat maupun material bangunan.

"Program tol laut menyinggahi Dobo dua kali sebulan sehingga stok bahan pokok terjamin dan harganya stabil, di mana didukung sejumlah distributor yang mengembangkan usaha tersebut," tandas Bupati.

Pewarta: Alex Sariwating

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2019