Polda Maluku Utara (Malut) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) lintas instansi dalam rangkaian pengamanan menjelang perayaan Idul Fitri 1440 Hijriah,  baik transportasi darat, laut dan udara agar perayaan hari raya nanti berjalan aman dan lancar.

"Kami akan melakukan koordinasi denga pihak terkait dan untuk transportasi laut KSOP dan Dishub akan intensif melakukan pengawasan, terutama saat arus pergerakan mudik dan hal ini harus perlu diwaspadai, karena seringkali terjadi kelonjakan penumpang saat menjelang hari raya Idul Fitri," kata Kapolda Malut, Brigjen (Pol) Suroto di Ternate, Kamis.

Menurut dia, dalam pelayanan arus mudik nanti, KSOP, Dishub dan ASDP diminta untuk melakukan pengecekan keselamatan bagi pemudik, agar aktivitas pelayaran di Malut tidak terjadi masalah.

Begitu pula, untuk armada yang telah disiapkan harus mempunyai fasilitas yang lengkap dan tidak boleh melebihi kapasitas penumpang karena dapat membahayakan banyak penumpang.

Sehingga, untuk pos pengamanan di luar dari mudik dan pihaknya membangun pos pengamanan menyambut hari raya Idul Fitri agar masyarakat menjalankan sholat dengan aman dan tertib.

Selain itu, Kapolda meminta seluruh Polres kabupaten/ kota di wilayah ini untuk menjaga ketenangan dan ketertiban dalam Bulan suci Ramadhan di wilayah Maluku Utara.

Olehnya itu, Kapolda meminta kepada jajaran Polres agar terus tingkatkan patroli terutama pada malam hari.

Kapolda berjanji, pihaknya akan membangun posko terpadu dengan melibatkan personel TNI/Polri, Pemda dan Basarnas dalam memberi pelayanan selama arus mudik hingga arus balik, akan dibangun pos pelayanan terpadu.

Dalam mendukung kenyamanan selama arus mudik nanti, Polda Malut akan menempatkan 150 personel ditambah 650 personel polres di berbagai tempat keramaian.

Sedangkan, untuk tempat objek wisata Polda Malut akan menyiapkan personel Polairud dengan armadanya ditempatkan di pusat wisata seperti Pantai Jikomalamo, Sulamadaha bersama personel Basarnas.

Dalam Rakor tersebut, Kapolda mengapresiasi instansi terkait, terutama Divre Bulog Ternate yang telah menyediakan stok sembako dan Pertamina menyatakan, kebutuhan BBM di wilayah Malut tersedia dalam 20 hari ke depan atau hingga usai Idul Fitri 2019.


 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2019