Kepolisian Daerah (Polda)  Maluku kembali menyelenggarakan kegiatan bersepeda santai dengan sebutan Gowes Sinergitas bersama TNI AD, TNI AL, TNI AU, serta melibatkan masyarakat yang berlangsung di Kabupaten Seram Bagian Barat(SBB).

"Goes sinergitas kali ini bertujuan selain mempererat sinergitas TNI/Polri, juga membantu pemerintah dalam mempromosikan potensi pariwisata Maluku sekaligus dalam rangka menyemarakan HUT Bhayangkara Polri ke-73 pada  1 Juli 2019," kata Kapolda Maluku, Irjen Pol Royke Lomowa di Ambon, Senin.

Menurut Kapolda, Gowes kali ini dipusatkan di kabupaten SBB dengan rute dari pelabuhan Waipirit menuju pulau Osi berjarak 87 kilometer.

Salah satu objek wisata yang dipromosikan melakui kegiatan ini adalah pulau Osi di Kabupaten di SBB.

"Maluku kaya wisata, tetapi banyak yang belum mengetahui, makanya gowes yang kita lakukan tujuannya untuk promosi," pariwsata kata Kapolda.

Gowes merupakan olahraga yang sangat sederhana dan murah, serta miliki banyak peminat termasuk masyarakat.

"Gowes ini banyak digemari oleh masyarakat, dan sejumlah kalangan. Nah disitulah cara yang cepat dan mudah untuk mempromosikan wisata kita ini," tuturnya.

Mantan Kakorlantas Polri ini menyatakan, peserta yang dilibatkan dalam kegiatan gowes tersebut berjumlah sekitar 100 orang.

"Kita libatkan TNI baik AD, AL, dan AU sekitar 40 orang yang dipimpin Kasdam XVI/Pattimura, Brigjen TNI Asep Setia Gunawan, anggota Polri 50 orang dan masyarakat 10 orang," ujarnya.

Masyarakat yang terlibat didalamnya adalah goweser nasional juga, sehingga tidak sia-sia Polda Maluku mempromosikan daerah ini.

Alumnus Akpol 1987 ini mengatakan, dirinya akan terus melakukan kegiatan gowes di seluruh wilayah Maluku.

"Sebelumnya kita sudah melakukan gowes di sejumlah kabupaten. Mungkin Kabupaten MBD, Malra dan Kabupaten Kepulauan Aru yang belum dilakukan, tetapi ke depan kita akan buat biar orang bisa mengetahui daerah ini," tandasnya.

Sementara Kasdam XVI/Pattimura, Brigjen TNI Asep Setia Gunawan mengatakan, gowes merupakan olahraga murah meriah namun sangat menyehatkan.

"Kita mendukung terus langkah Kapolda dan Pemerintah untuk sama-sama membangun Maluku, lewat gowes ini. Gowes ini mudah, meriah dan sangat menyehatkan sehingga siapapun bisa bergabung dan ikut," tambah Kasdam.

Untuk medan yang ditempuh, orang nomor dua di Kodam Pattimura ini mengungkapkan, 87 kilometer merupakan jarak yang cukup bagus bagi para goweser.

"Medannya mantap, karena ada tanjakan dan turunan kemudian para goweser juga senang karena bisa menuju lokasi wisata," ucapnya.

Kegiatan goes di Kabupaten SBB ini diakhiri dengan bhakti sosial berupa pengobatan dan pemeriksaan gratis oleh Polda Maluku, kepada masyarakat di pulau Osi.

Sementara Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol Moh Roem Ohoirat menambahkan, selain pengobatan dan pemeriksaan kesehatan juga dilakukan penanaman puluhan anakkan pohon mangrove, dan penyerahan bantuan kepada masyarakat berupa alat olahraga.

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2019