Harga cabai rawit yang ditawarkan para pedagang di pasar tradisional kota Ambon, Maluku, bergerak turun jika dibandingkan dengan dua hari sebelumnya.

Hasil pantauan di pasar Mardika dan Batu Merah, Jumat, para pedagang menawarkam harga cabai rawit Rp50.000/Kg atau turun dari sebelumnya Rp60.000/Kg, dan eceran Rp7.000/cupa (ukuran kaleng susu kental manis cap nona), sedangkan cabai keriting panjang juga turun dari Rp40.000 menjadi Rp35.000/Kg.

"Harga cabai rawit lagi turun abang, stok cukup banyak ditambah dengan pemasokan dari sentra produksi cukup lancar," ujar Junaidi, pedagang di pasar Mardika.

Di pasar Ambon sekarang ini yang lagi fluktuasi hanya buah tomat dan harganya berkisar antara Rp20.000 hingga Rp23.000/Kg, kalau bawang masih tetap normal saja.

"Teman-teman masih menjual bawang merah dan putih sejak  minggu yang lalu rata-rata Rp45.000/Kg, dan eceran Rp5.000/tumpuk, jadi lumayan harga juga terjangkau ," ujarnya.

Memed, pedagang lainnya, mengatakan, walaupun banyak pembeli yang mengatakan harga bawang maupun cabai masih tergolong mahal, namun kalau dilihat kondisi sekarang ini harga kedua bumbu masak utama ini terus bergerak turun, terutama cabai rawit yang turun dari sebelumnya Rp60.000/Kg pada pekan lalu kini Rp50.000/Kg, begitu juga dengan cabai keriting panjang yang pekan lalu Rp40.000, kini dijual Rp35.000/Kg.

"Hanya saja kami tidak tahu untuk perkembangan hari besok dan seterusnya terutama harga cabai rawit apakah masih terus bertahan atau naik lagi, mengingat Maluku masih dilanda musim penghujan, setiap hari tetap saja turun hujan," ujarnya.

Sama juga dengan harga bawang, kalau sekarang ini harga rata-rata baik bawang merah maupun bawang putih yang dipatok bervariasi Rp40.000 hingga Rp45.000/Kg, juga tergolong murah dibanding bulan sebelumnya yang mencapai harga Rp70.000/Kg.

"Kalau dilihat stok bawang yang ada sekarang ini cukup banyak, mudah-mudahan harganya juga agar bergerak turun," ujarnya.

Erni, pembeli yang bermukim di kawasan jalan Sudirman, Desa Batu merah yang ditemui seusai membeli dua kilo gram cabai rawit, mengatakan harga cabai rawit memang belum stabil karena dalam jangka waktu satu minggu sudah pasti ada perubahan harga.

"Kalau sekarang ini cukup baik sebab harganya Rp50.000/Kg, dan cabai keriting Rp35.000/Kg, mudah -mudahan masih terus bertahan atau bergerak turun," ujarnya.

Ia mengaku setiap tiga hari harus membeli cabai dan bawang, sebab ada buka usaha di rumah yakni membuat hidangan nasi kuning yang dijual pada sore hari.

Pewarta: John Soplanit

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2019