Sebanyak 391 calon haji dari wilayah Halmahera Selatan, Halmahera Utara dan Morotai, Maluku Utara (Malut), diberangkatkan pada kloter sembilan atau kloter terakhir pada 12 Juli 2019 dari Ternate menuju embarkasi Makassar, Sulawesi Selatan.

"Jadi jumlah keseluruhan calon haji dari tiga kabupaten itu sebanyak 391 orang. Bahkan jumlah ini belum termasuk petugas haji dari Kemenag Malut," kata Wakil Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Daerah (PPIHD) Maluku Utara Alfian Makatubun di Ternate, Jumat.

Selain itu, kata Alfian, untuk jumlah itu, terbagi dalam tiga wilayah di antaranya Kabupaten Halsel sebanyak 198 orang, sedangkan Halut berjumlah 120 orang, dan untuk Kabupaten Morotai hanya 73 orang.

Dia menyebutkan, untuk musim haji tahun ini dari Provinsi Maluku Utara, jumlahnya mencapai 1.321 orang.

"Memang, sesuai jadwal untuk Jumat hari ini, adalah kloter sembilan yang akan brangkat pada Jumat 12 Juli 2019, pukul 07.30 WIT, dan pukul 08.30 WIT, dari Bandara Babullah Ternate, menuju Bandara Hasanudin Makassar," katanya.

Selanjutnya JCH dari Maluku Utara itu akan diinapkan di asrama haji, Kota Makkasar, Sulawesi Selatan untuk menunggu antrean pemberangkatan ke Tanah Suci Mekkah.

Sesuai jadwal yang dikeluarkan Kemenag, sejak Kamis (11/7) kemarin, kloter 9 yang berjumlah 416 yang berangkat pada hari jumat, 12 juli 2019 sebanyak 2 kali penerbangan terdiri dari penerbangan pertama jam 7.30 WIT, terdiri dari Kabupaten Halmahera Selatan, Kabupaten Pulau Morotai, dan TPHD 2 orang.

Sedangkan, untuk penerbangan kedua menggunakan reguler jam 08.30 WIT terdiri dari Kabupaten Halmahera Utara dan Kabupaten Halmahera Selatan.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2019