DPRD Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) meminta Pemkot Ternate untuk mendukung anggaran penyelenggaraan Festival Pulau Hiri yang akan berlangsung pada Oktober 2019, karena kegiatan itu menjadi agenda tahunan.

"Pariwisata merupakan salah satu sektor prioritas Pemkot Ternate jadi setiap kegiatan yang terkait dengan pariwisata, seperti penyelenggaraan Festival Pulau Hiri harus mendapat dukungan anggaran dari Pemkot," kata anggota Komisi I DPRD Ternate Djunaidi Bahruddin di Ternate, Senin.

Anggaran yang diusulkan Panitia Festival Pulau Hiri untuk penyelenggaraan festival yang masuk tahun ketiga sebesar Rp400 juta dan diharapkan dapat diakomodir dalam APBD perubahan 2019, yang dalam persiapan pembahasan di DPRD.

Menurut dia, penyelenggaraan Festival Pulau Hiri harus mendapat dukungan dari Pemkot Ternate dan pihak terkait lainnya, karena kegiatan itu sarana promosi pariwisata yang pada gilirannya akan meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah ini.

Selain itu, penyelenggaraan Festival Pulau Hiri juga dapat menjadi sarana untuk meningkatkan pendapatan masyarakat Hiri melalui berbagai kegiatan ekonomi kreatif saat berlangsungnya festival, misalnya penjualan kuliner dan cendera mata.

Festival Pulau Hiri, menurut Djunaidi Baharuddin, jika dilaksanakan secara baik terutama dari segi pemilihan kegiatan yang akan ditampilkan pasti banyak menarik minat wisatawan, minimal wisatawan lokal.

Apalagi pulau yang letaknya tidak jauh dari Pulau Ternate itu memiliki pula banyak objek wisata menarik, seperti panorama pantai, situs budaya dan wisata bawah laut, bahkan beberap spot akan menyaksikan sejumlah spesis hiu.

Ia menambahkan, untuk mendukung pengembangan Pulau Hiri sebagai salah satu daerah tujuan wisata di Ternate, pemkot harus membenahi berbagai infrastruktur, di antaranya infrastruktur transportasi dari dan ke pulau itu.

Salah satu infrastruktur transportasi yang mendesak dibenahi adalah dermaga yang menghubungkan Pulau Ternate dan Pulau Hiri, karena khusus di Pulau Ternate saat ini belum ada dermaga yang representatif untuk digunakan para penumpang yang akan ke pulau itu.

Pewarta: La Ode Aminuddin

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2019