Indeks Tendensi Konsumen (ITK) Provinsi Maluku pada triwulan II-2019 sebesar 112,88, artinya terjadi peningkatan kondisi ekonomi pada triwulan II-2019 dengan tingkat optimisme yang juga ikut meningkat dibanding dengan kondisi triwulan I 2019 (indeks 90,23).

"Nilai ITK Provinsi Maluku pada triwulan III-2019 diperkirakan sebesar 108,18," kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Maluku Dumangar Hutauruk di Ambon, Selasa.

Ini berarti kondisi ekonomi konsumen diperkirakan akan mengalami peningkatan pada triwulan III-2019 dengan tingkat optimisme yang menurun.

Dia mengatakan, ITK Provinsi Maluku pada triwulan II-2019 sebesar 112,88, artinya kondisi ekonomi konsumen  dengan  tingkat optimisme yang juga meningkat  dibanding triwulan sebelumnya.

Peningkatan kondisi ekonomi konsumen ini disebabkan oleh meningkatnya pendapatan rumah tangga  (nilai indeks 113,35) serta meningkatnya kaitan inflasi  dengan konsumsi makanan sehari-hari (nilai indeks 110,86) yang tidak mempengaruhi konsumsi rumah tangga terhadap makanan  dan non makanan (nilai indeks 114,33) relatif stabil.

Nilai ITK Nasional pada triwulan II-2019 mencapai 125,68, jika dilihat menurut provinsi di wilayah Sulampua (Sulawesi, Maluku, dan Papua Barat)dapat diketahui bahwa seluruh provinsi di Sulampua memiliki indeks  di atas 100.

Hal ini menunjukkan bahwa kondisi perekonomian  di wilayah Sulampua  relatif stabil dimana terjadi peningkatan kondisi perekonomian dengan tingkat  optimisme yang meningkat  dibanding triwulan sebelumnya.

"Provinsi dengan nilai ITK yang paling tinggi untuk wilayah ini terjadi di Provinsi Sulawesi Selatan dengan nilai ITK sebesar  133,37,  dan terendah di Provinsi Maluku yakn sebesar 112,88," ujarnya.

Secara nasional ITK diperkirakan mengalami peningkatan pada triwulan III-2019 dengan perkiraan tingkat optimisme yang menurun dari triwulan sebelumnya.

Dumangar menambahkan, ITK adalah indikator perkembangan ekonomi terkini yang dihasilkan Badan Pusat Statistik (BPS) melalui survei tendensi konsumen (STK).

Selain itu, ITK juga merupakan indeks yang menggambarkan kondisi ekonomi konsumen pada triwulan berjalan dan perkiraan pada triwulan mendatang.

Pewarta: John Soplanit

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2019