Ganny Patty (42), seorang warga Kampung Oiu RT 002/007 Negeri Batu Merah, Kecamatan Sirimau (Kota Ambon) mengalami luka bakar akibat musibah kebakaran yang menghanguskan rumah dan tempat kos-kosan masih menjalani perawatan medis di Rumah Sakit.

"Korban yang mengalami luka bakar sekitar 70 persen di bagian badan, dahi, kaki, dan tangan kiri serta bokong ini langsung dievakuasi warga ke RS Al Fatah Ambon ketika terjadi musibah tersebut sekitar pukul 14:30 WIT," kata Kasubag Humas Polres Pulau Ambon dan Pp Lease, Ipda Julkisno Kaisupy di Ambon, Jumat.

Kebakaran ini mengakibatkan lima rumah warga yang beberapa diantaranya merupakan tempat kos-kosan rusak termasuk satu unit sepeda motor.

Wakapolsek Sirimau, Ipda Sjafrudin Achmad bersama empat personelnya yang turun ke TKP menerima keterangan korban La Mony (45), sekitar pukul 14:20 WIT, dia sementara menjaga kiosnya tiba-tiba merasa kepanasan sehingga korban keluar rumah dan melihat rumah tetangganya milik, Daud sudah terbakar.

Beberapa menit kemudian plafon samping rumahnya pun ikut terbakar, sehingga Korban langsung memberitahukan hal tersebut kepada istrinya Ny. Wa Haliani dan selanjutnya korban berteriak kebakaran serta meminta tolong kepada warga sekitar.

"Mendengar teriakan tersebut, warga langsung menolong korban dan berusaha memadamkan api dengan alat seadanya. Selanjutnya Korban berusaha menyelamatkan diri ke rumah kerabatnya, namun dia mengaku tidak mengetahui persis penyebab kebakaran dan asal api," jelas Julkisno.

Saksi Wa Haliana (44) menjelaskan bahwa sekitar pukul 14:20 WIT sedang berbaring di kamarnya dan mendengar suaminya menyuruh segera mengambil perhiasan dan barang-barang penting karena rumah sudah terkabar.

Mendengar hal tersebut, saksi langsung melihat plafon rumahnya juga sudah terbakar dan terdengar suara ledakan dari kos-kosan milik Daud alias La Dao sehingga korban langsung keluar melarikan diri bersama anak-anaknya melewati pintu belakang dengan pakaian di badannya.

Polisi juga meminta keterangan saksi La Bardin yang mengaku saat itu dirinya sementara memperbaiki sepeda motornya di depan rumah ayahnya, kemudian terdengar suara teriakan minta tolong dari saksi La Mony yang mengatakan ada kebakaran.

Selanjutnya saksi langsung berlari ke arah TKP dan melihat kos-kosan milik Daud Faruan aias La Dao sudah terbakar dan dia juga melihat salah seorang warga yang berlari berusaha keluar dari dalam rumah menggunakan celana Pendek tanpa menggunakan baju dalam keadaan terbakar seluruh badannya.

Melihat kondisi ini, La Bardin langsung menyirami korban dengan menggunakan air jerigen 30 liter sampai apinya padam, selanjutnya saksi menyuruh korban menjauhi TKP.

Dia juga melihat tubuh korban melepuh akibat terbakar bagian badan, tangan hingga bagian pantatnya.

Lima unit mobil pemadam kebakaran yang datang ke lokasi berusaha memadamkan kobakaran api.



 

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2019