BPJS Ketenagakerjaan Cabang Ternate, Maluku Utara (Malut) membagikan balon dan snack kepada orang-orang yang berlalu-lalang di depan instansi itu sebagai wujud meriahkan hari Pelanggan Nasional di seluruh Indonesia.

"Semua pelanggan dalam segala sektor, tidak terkecuali seperti Kota Ternate, terlihat  kegiatan unik yang tidak lazim dilakukan oleh instansi pemerintahan dan hal tersebut dilakukan untuk merayakan Hari Pelanggan Nasional yang jatuh pada 4 September lalu," kata Kepala Kantor BPJS KetenagakerjaanCabang Ternate, Khomsan Hidayat di Ternate, Minggu.

Menurutnya, puncak kegiatan Hari Pelanggan Nasional yang diselenggarakan oleh BPJS Ketenagakerjaan Cabang Ternate dilaksanakan pada hari Jum’at( 6/9) lalu dan perayaan Hari Pelanggan Nasional dirayakan 3 hari oleh BPJS Ketenagakerjaan yakni sejak tanggal 4 September hingga 6 September ini.

Selain itu, pembagian balon bukan hanya untuk merayakan kegiatan Hari Pelanggan Nasional saja, namun sekaligus untuk mensosialisasikan BPJS Ketenagakerjaan kepada masyarakat. Pembagian balon yang berjumlah 100 buah menarik perhatian masyarakat dan pengguna jalan yang berlalu-lalang, hal tersebut sempat membuat macet jalanan di depan kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Ternate.

Saat itu, Kepala Kantor BPJS KetenagakerjaanCabang Ternate, Khomsan Hidayat turun langsung ke jalanan dan menjelaskan bahwa kegiatan ini adalah salah satu upayanya untuk memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa ada 2 BPJS di Kota Ternate.

"BPJS itu ada dua yakni BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan, kami adalah BPJS Ketenagakerjaan yang melindungi bapak dan ibu dari resiko pekerjaan," katanya.

Disela-sela kegiatan pembagian balon dan snack kepada pengguna jalan, dia menjelelaskan bahwa iuran BPJS Ketenagakerjaan tidak ikut naik.

"Kami tidak menaikkan iuran, namun kami kedepannya akan meningkatkan manfaat peserta BPJS Ketenagakerjaan," kata Khomsan kepada salah satu pengguna jalan yang mampir untuk mendapatkan balon dan snack gratis.

Kegiatan Hari Pelanggan Nasional yang dilaksanakan oleh BPJS Ketenagakerjaan Cabang Ternate pada tanggal 4 September lalu mengajak peserta yang datang untuk lebih mengenal apa itu BPJS Ketenagakerjaan.

Pihak BPJS Ketenagakerjaan membagikan tumbler kepada peserta yang datang ke kantor, namun tidak semua peserta mendapatkannya.

Peserta yang datang harus menjawab quiz yang pertanyaannya seputar BPJS Ketenagakerjaan, pertanyaan tersebut meliputi program BPJS Ketenagakerjaan, apa itu BPJS Ketenagakerjaan hingga testimony dari peserta terhadap BPJS Ketenagakerjaan.

BPJS Ketenagakerjaan menggandeng Klinik Prodia untuk ikut berpatisipasi dalam perayaan Hari Pelanggan Nasional yang dilaksanakan di Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Ternate, dengan memberikan cek kesehatan dan konsultasi gratis. Dokter dari Klinik Prodia-pun ikut di datangkan guna memberikan pelayanan kepada peserta yang datang maupun kepada karyawan BPJS Ketenagakerjaan itu sendiri.

Khomsan menambahkan, kesehatan adalah salah faktor penting dalam melakukan aktiviatas sehari-hari, untuk bekerja dan kesehatan itukan nomor satu, sehingga ingin para peserta yang datang ini sehat dan bisa berkerja kembali aman.

BPJS Ketenagakerjaan Cabang Ternate gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat, dengan harapan masyarakat menjadi lebih paham akan hadirnya BPJS Ketenagakerjaan dan manfaat BPJS Ketenagakerjaan untuk para pekerja khususnya.

 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2019