Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Selatan (Halsel), Maluku Utara (Malut), meminta perusahaan kelapa sawit PT Gelora Mandiri Membangun (GMM) terus memberi kontribusi terhadap pembangunan daerah.

"Kontribusi terhadap pembangunan daerah itu, tidak saja dari segi penerimaan pendapatan daerah, tetapi dari segi peningkatan kesejahteraan masyarakat, terutama di sekitar kawasan perusahaan," kata Kadis Pertanian Kabupaten Halmahera Selatan, Sofyan Bachmid di Ternate, Senin.

Salah satu kontribusi ya
Suasana investasi kelapa sawit di wilayah Gane, Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara (Abdul Fatah)
ng sangat diharapkan dari PT GMM terhadap masyarakat adalah penyediaan lapangan kerja serta selalu memprioritaskan tenaga kerja lokal dalam setiap perekrutan tenaga kerja.

Dia mengatakan, Pemkab Halmahera Selatan melalui Bupati Bahrain Kasuba telah mengajukan sejumlah program yang diharapkan mendapat dukungan dari perusahaan yang berlokasi di wilayah Gane itu diantaranya pembangunan jalan Buba Hijrah menuju Desa Yomen sejauh 3 km.

Selain itu, dukungan pembangunan perumahan bagi warga korban musibah gempa yang melanda wilayah itu pada Juli 2019 lalu sekitar kawasan PT GMM.

"Pemkab juga akan pertimbangkan usulan dari PT GMM mengenai penyelesaian ganti rugi lahan masyarakat di sekitar perusahaan, agar tidak menimbulkan konflik dengan masyarakat," katanya.

PT GMM saat sendiri saat gempa bumi melanda puluhan desa di wilayah Gane pada Juli lalu, memberikan berbagai bantuan ke warga korban gempa, seperti bantuan bahan makanan dan obat-obatan serta tenda untuk pengungsian warga.

Bahkan, kontribusi lainnya yang diberikan PT GMM bagi delapan desa sekitar yang sangat terisolir, terutama untuk menuju ke daerah sangat sulit terjangkau harus menggunakan kapal laut, tetapi saat ini, perusahaan PT GMM telah membuka akses jalan, sehingga warga dapat menggunakan roda dua dan roda empat dari ibukota Saketa Gane Barat hingga ke kawasan Kepulauan Joronga.
 
Sementara itu, sejumlah masyarakat Gane merasakan manfaat dari beroperasinya PT GMM perusahaan kelapa sawit yang beroperasi di wilayah itu, GMM merupakan bagian usaha dari Korindo Group.

Tokoh Pemuda Gane, Ikbal Syai ketika dihubungi terpisah mengakui, beroperasinya PT GMM di Gane mendapat dukungan masyarakat, sebab, daerah di Gane terutama akses transportasi darat dan berbagai bantuan lainnya telah dirasakan masyarakat.

Sebelumnya, PT GMM salurkan berbagai bantuan dan pemberdayaan seperti pembentukan Koperasi yang dikelola masyarakat lokalsetempat, pembangunan jalan penghubung di delapan desa sekitar dan pengembangan ekonomi kreatif.  

Bahkan, manajemen PT GMM telah membuka lapangan kerja bagi masyarakat, sehingga angka pengangguran di desa sekitar menurun, karena telah diakomodir untuk bekerja di perusahaan itu, tentunya ini dapat memberikan dampak dan berkontribusi dalam meningkatkan pendapatan warga, sehingga bisa terhindar dari kemiskinan.

PT GMM sendiri telah membuka akses jalan telah dibuka sekitar 30 km dan warga yang tinggal mulai dari Desa Gane Dalam, Yomen Joronga saat ini sudah bisa terhubung hingga ke Saketa, ibukota Kecamatan Gane Barat, ini merupakan upaya perusahaan agar desa yang dahulunya terisolir.


 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2019