Wali kota Ambon Richard Louhenapessy memaparkan inovasi Ambon kota musik dunia di hadapan Dewan Juri Anugerah kebudayaan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) tahun 2020, Kamis,

Persentasi merupakan pendalaman proposal sebagai babak akhir sebelum menerima penghargaan anugerah kebudayaan pada acara Puncak Hari Pers Nasional (HPN) pada 9 Februari 2020 di Banjarmasin-Kalimantan Selatan.

Ketua umum PWI Pusat, Atal S Depari mengatakan, proses penganugerahan yang dilakukan melalui indikator pengujian secara terukur. 

"Kita membuat sistem penjurian yang ketat dan terukur sehingga penghargaan ini sangat bergengsi," katanya.

Proses pengundian nomor urut presentasi Anugerah Kebudayaan PWI untuk Wali kota dan Bupati telah berlangsung di Auditorium Dewan Pers-Jakarta, Rabu malam

Hasil pengundian, Wali kota Ambon mendapatkan urutan kelima presentasi di depan dewan juri yang terdiri dari Nungki Kusumastuti (penari, artis film, dosen Institut Kesenian Jakarta), selaku ketua merangkap anggota serta Ninok Leksono (Kompas dan Rektor Universitas Multimedia Nusantara), Agus Darmawan T (Pengamat Seni Budaya, Penulis Buku), Atal S Depari (Ketua Umum PWI Pusat), Yusuf Susilo Hartono (Pelukis, Wartawan Senior, Pengurus PWI Pusat) sebagai anggota.

Wali Kota Ambon memaparkan inovasi Ambon kota musik dunia setelah mendapat penetapan dari Unesco sebagai kota musik dunia pada 31 Oktober 2019 di Paris.

Presentasi difokuskan pada visi atau branding yang mengutamakan kepentingan masyarakat dan sesuai kebutuhan masyarakat serta nilai-nilai seni-budaya yang sudah berakar dalam kehidupan masyarakat Ambon. 

Selain itu kolaborasi antara satuan unit kerja atau pemangku kepentingan perlu ditingkatkan dan bersinergi. 

Musik telah mendarah daging dalam kehidupan masyarakat Ambon maka inovasi ini akan membawa perubahan yang besar dan sangat signifikan dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan perluasan lapangan kerja serta berdampak juga pada tata kelola pemerintah yang semakin baik.

Serta penggunaan media, selayaknya dioptimalkan oleh Pemerintah Kota Ambon dalam menyongsong perubahan arus global dan memasuki dunia internasional sebagai Ambon UNESCO City of Music.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020