Harga ikan cakalang segar yang ditawarkan para pedagang di pasar tradisional Kota Ambon hingga kini terbilang mahal dan sulit didapat.

Pantauan di pasar ikan Arumbai, kawasan pasar Mardika, Sabtu, para pedagang yang biasanya menjual ikan cakalang, tuna, maupun ikan tatihu segar kini menjual jenis ikan yang sama hanya saja sudah diberi es (ikan beku) dengan harga yang mahal yakni R60.000 hingga Rp110.000 per ekor tergantung ukuran.

"Ikan cakalang segar sekarang ini cukup sulit didapat. Yang ada sekarang ikan yang sudah diberi es, sama juga dengan ikan jenis tatihu dan komu maupun tuna tidak segar lagi ," kata pedagang ikan pasar Arumbai, Ahmad..

Memang ada juga ikan cakalang maupun ikan tatihu segar, namun dijual oleh istri nelayan yang datang langsung ke pasar untuk menjual hasil tangkapan suami mereka dengan harga yang mahal.

Menurutnya, sejak dua hari belakangan ini sudah masuk pasar lagi jenis ikan puri kecil yang biasanya dibuat "ikan kue", cukup murah setumpuk Rp10.000..

Selain ikan puri memang masih banyak ikan segar lainnya seperti momar, kawalinya, lema, kerapu, bubara, baronang, dan beberapa jenis ikan karang lainnya, namun harganya juga mahal.

"Ada keuntungan membeli ikan puri, sebab kebanyakan para kaum ibu setelah sampai di rumah langsung dibumbui sedemikian rupa selanjutnya digoreng, Jadilah "ikan kue" yang rasanya cukup lesat apalagi kalau disantap dengan sepiring nasi masih panas," ujar Ahmad..

Hal ini diakui oleh Erna yang baru saja membeli dua tumpuk ikan puri kecil yang di Ambon biasanya disebut (ikan puri nasi).

"Paling enak kalau dibuat ikan kue, rasanya lesat dan sangat digemari oleh anggota keluarga yang sering makan ikan kue tersebut,"ujarnya.

Mahalnya ikan cakalang segar tidak mempengaruhi harga telur ayam yang hingga kini masih ditawarkan dengan harga bervariasi yakni Rp1.700 hingga Rp1.900 per butir, telur ayam kampung Rp2.500 hingga Rp3.000 per butir.

Harga daging ayam beku yang selama ini dipasok dari Surabaya Rp34.000 per Kg. Ayam pedaging segar produksi peternak lokal Rp55.000 hingga Rp65.000 per ekor tergantung ukuran, daging ayam kampung Rp85.000 hingga Rp120.000 per ekor tergantung ukuran, dan daging sapi segar Rp100.000 per Kg.

Pewarta: John Soplanit

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020