Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Maluku Yudi Handono melantik Undang Mugopal,sebagai Wakajti setempat menggantikan Erryl Prima Putera Agoes, yang dipromosikan sebagai Wakajati Jawa Tengah.

Dalam upacara pelantikan yang berlangsung di Ambon, Kamis, Kajati juga melantik Herwin Ardiono,sebagai Kajari Maluku Barat Daya (MBD) menggantikan Ivan Damanik,  yang dimutasikan sebagai sebagai Kejari Rokan Hulu di Pasir Pengaraian.

"Prosesi ini tidak sekedar kegiatan seremonial semata melainkan merupakan moment yang tepat untuk mengingatkan kita bahwa tugas dan jabatan yang diemban melekat didalamnya konsekuensi, kewajiban dan tanggung jawab yang besar untuk mendedikasikan diri secara total dan penuh pengabdian," tegas Kajati.

Tujuannya adalah guna memastikan terselenggara serta terpenuhinya kepentingan masyarakat, bangsa dan negara.

Kajati juga menekankan tujuh point penekanan tugas yang harus segera dilaksanakan untuk membangun kejaksaan sebagaimana yang diharapkan.

"Yakni melakukn identifikasi dan analisis dan formulasikan solusi untuk menyelesaikan berbagai permasalahan hukum di daerah guna akselerasi pelaksanaan tugas," jelas Kajati.

Kemudian mewujudkan penegakan hukum yang tidak hanya berpijak pada aturan hukum positif, namun dalam hal tertentu perlu juga mempertimbangkan nilai-nilai keadilan yang berkembang di masyarakat.

Selain itu perlu menciptakan penegakan hukum yang memastikan terciptanya kepastian dan suasana kondusif bagi para pelaku usaha untuk menjalankan bisnis dan investasinya sehingga dapat berkorelasi positif dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi. nasional.

"Representasikan seluruh jajaran sebagai penegak hukum yang sejalan dan selaras dengan visi dan komitmen pemerintah untuk mewujudkan "Indonesia  Maju" dalam penegakan hukum yang berkualitas dan mampu mendukung terciptanya keberhasilan pelaksanaan pembangunan nasional di segala bidang, dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat," tegasnya.

Jaksa juga harus meningkatkan kewaspadaan dan rasa tanggungjawab memiliki dengan terus melakukan pengawasan melekat di lingkungan jajaran masing-masing sehingga berbagai bentuk penyimpanan dapat diatasi dan dicegah.

Terlebih pemantauan kepada setiap personil dari paham radikalisme dan ujaran kebencian yang seringkali terpapar atau diunggah melelui media sosial yang dimiliki.

"Berikan kontribusi positif secara konsisten dan berkesinambungan dalam pembangunan zona integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM), sebagai bagian dalam upaya mempercepat tercipta nya reformasi birokrasi," tandasnya.

Tumbuhkan dan pelihara soliditas dan kebersamaan dalam ikatan jaksa itu satu dan tidak terpisah-pisahkan (een en ondelbaar), serta jauhkan sikap ego sektoral, perkuat sinergitas dan koordinasi yang utuh antar masing-masing bidang, guna optimalisasi pelaksanaan tugas, fungsi dan kewenangan.

Bagi para Kajari yang wilayah hukumnya akan menyelenggarakan pemilihan kepala daerah (Pilkada) di tahun 2020 agar senantiasa mengawal dan menjaga proses pilkada pada setiap tahapannya, melalui upaya hukum yang tidak memihak, tidak diskriminatif serta bebas dari anasir dan muatan yang didasari pada kepentingan pribadi atau golongan tertentu.

Kajati berharap pejabat yang baru dilantik mampu memberikan energi positif dan semangat baru sehingga dapat meningkatkan kinerja yang optimal dan lebih baik lagi, teriring apresiasi dan ucapan terima kasih kepada pejabat lama yang telah melaksanakan tugas dengan baik dan penuh pengabdian.




 

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020