Kepala bidang (Kabid)  Humas Polda Maluku Kombes Pol Muhammad Roem Ohoirat mengatakan, Irjen Pol Royke Lumowa akan mendapat tugas baru dari Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis sebagai Kaploda Sulawesi Utara (Sulut) dan posisinya akan digantikan Brigjen Pol Baharuddin Djafar.

"Pergantian jabatan Kapolda Maluku ini sesuai surat telegram Kapolri nomor ST/385/II/KEP/2020 tanggal 3 Februari 2020," kata Kabid Humas di Ambon, Selasa.

Brigjen Pol Baharuddin Djafar selama ini menjabat sebagai Kapolda Sulawesi Barat.

Surat telegram Kapolri ini ditandatangani Asisten SDM Kapolri, Irjen Pol Eko Indra Heri, dimana Irjen Pol Royke Lumowa menggantikan posisi Irjen Deminggus Tri Hardjanto yang dimutasikan sebagai Kapolda Kalimantan Barat.

Menurut Kabid Humas, mutasi jabatan yang dilakukan Kapolri bukan saja terhadap Kapolda Maluku tetapi juga untuk sejumlah perwira menengah di jajaran Polda Maluku.

Mereka yang dimutasikan adalah Direktur Reserse dan Kriminal Khusus Polda Maluku, Kombes Pol Firman Nainggolan, Dirlantas Kombes Pol Heru Trisasono, Kapolres Seram Bagian Timur, AKBP Adolf Bormasa, serta Kapolres Maluku Tenggara Barat AKBP Andre Sukendar, dan Kapolres Maluku Tenggara, AKBP Indra Fasillah Siregar.

Kombes Pol Firman Nainggolan akan dimutasikan pada Kebijakan Madya Bidang Pideksus Bareskrim Mabes Polri dalam rangka Dik Lemhanas PPRA LX tahun anggaran 2020, sedangkan Kombes Pol Heru Trisasono diangkat dalam jabatan baru sebagai Dirbinmas Polda Sumatera Selatan.

Kapolres SBT AKBP Adolf Bormasa bertukar tempat dengan Kapolres MTB, sedangkan Kapolres Maluku Tenggara AKBP Indra Fadillah Siregar akan dimutasi salah satu Kasubag pada Divisi Hubinter Polri.

"Yang mendapat jabatan baru sebagai Kapolres Maluku Tenggara adalah AKBP Alfaris Pattiwael yang selama ini bertugas di Lemdiklat Polri," jelas Kabid Humas.

"Untuk masalah sertijabnya kami belum tahu, namun mutasi merupakan hal yang wajar dalam penyegaran organisasi," jelas Kabid Humas.

 

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020