Kapolda Maluku Utara (Malut), Brigjen Pol Rikhwanto mengharapkan dukungan masyarakat dan media dalam menjaga kamtibmas terutama pada momentum agenda pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 berlangsung di delapan kabupaten/kota.

"Sesuai laporan satuan dan pejabat utama, dimana kondisi kamtibmas di Malut telah berjalan dan akan dijaga, terutama suasana kamtibmas dalam pesta demokrasi pilkada delapan kabupaten/kota," kata Brigjen Pol Rikhwanto usai acara pamitan dan serahterima jabatan (sertijab) Kapolda Malut dari Irjen Pol Suroto ke Brigjen Pol Rikhwanto di Mapolda Malut, di Ternate, Jumat.

Selain itu, kunci keberhasilan pilkada serentak ditentukan oleh pihak penyelenggaraan terutama KPU, Bawaslu dan aparat keamanan tentunya, TNI-Polri, Satpol PP dan Linmas berperan dalam pengamanan, tokoh agama juga memiliki peran besar dalam memengaruhi masyarakat serta media masa juga sangat penting sebagaimana dan dapat mendinginkan situasi masyarakat melalui media sosial.

Olehnya itu, Kapolda menyatakan, selama kepemimpinan Kapolda sebelumnya, kondisi Malut aman dan terkendali, sehingga programnya akan diteruskan hingga tahapan pilkada di delapan kabupaten/kota berlangsung.

Sementara itu, mantan Kapolda Malut, Irjen Pol Suroto menyatakan, wilayah Malut masuk kategori rawan, tetapi pelaksanaan Pemilu 2019 berjalan secara aman dan demokratis, sehingga polisi harus proaktif melalui deteksi dini dan tidak menunggu kejadian baru diselesaikan, karena polisi reaktif akan pengaruhi kamtibmas.

"Harus ada kerja sama dengan stakeholder dalam membantu tugas-tugas polisi dalam menjaga kamtibmas, karena menjadi tanggung jawab bersama, sebab, investasi bisa berkembang kalau kondisi keamanan bisa berjalan," ujarnya.

Begitu pula, media sebagai pilar empat demokrasi bisa menjaga stabilitas keamanan dengan memberikan informasi yang sejuk, agar pelaksanaan pilkada di delapan kabupaten berjalan secara aman dan demokratis.

Polda Malut sendiri menggelar kegiatan tradisi penjemputan Kapolda Malut bertempat di pintu masuk Mapolda Malut melalui acara Farawel And Welcome Parade Kapolda Malut yang bertempat di lapangan Apel Mapolda Malut.

Acara dilanjutkan penyampaian laporan Satuan oleh Kapolda Maluku Utara yang bertempat di Aula Ditlantas Polda Malut, penyampaian rapat paripurna kemala Bhayangkari Polda Malut yang bertempat di royal resto, serahterima ibu asuh polwan yang bertempat di royal resto serta acara tradisi pisah sambut.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020