PT Angkasa Pura I cabang Bandara Pattimura Ambon bersama Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) melakukan simulasi penanganan virus corona.

Simulasi dilakukan di terminal kedatangan Bandara Pattimura yang melibatkan pemangku kepentingan, sebagai upaya antisipasi penyebaran dan penanganan virus corona.

Airport Operation and Technical Senior Manager Bandara Pattimura, Randy Michael di Ambon, Jumat, Hire Wake menyatakan, simulasi merupakan kegiatan prefentif di bandara sebagai pintu masuk.

"Kegiatan ini juga merupakan upaya mitigasi meminimalisir penyebaran virus corona bersama pemangku kepentingandi bandara sesuai SOP yang ditetapkan, " katanya.

Simulasi tersebut terlihat para penumpang maskapai rute Denpasar - Ambon keluar dari garbarata menuju area hall, setelah mengambil bagasi kemudian penumpang melewati alat pendeteksi suhu tubuh (thermo scanner).

Salah satu penumpang saat melewati thermo scanner kedapatan suhu tubuh diatas 38 derajat celcius, sehingga penumpang diarahkan untuk dilakukan pemeriksaan oleh petugas KKP.

Petugas bandara mengantarkan penumpang ke ruangan untuk dilakukan pemeriksaan dan wawancara, hasilnya penumpang tersebut dinyatakan suspect dan harus dirujuk ke rumah sakit terdekat.

Petugas KKP selanjutnya meminta manifes penumpang dari petugas maskapai, untuk melakukan pemeriksaan lanjutan.

Setelah pemeriksaan petugas KKP melakukan penyemprotan cairan di area kedatangan untuk memastikan kawasan tersebut steril.

Sementara itu Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Ambon, Bambang Priyanto menjelaskan, simulasi merupakan bentuk edukasi ke masyarakat.

"Melalui simulasi ini juga para penumpang diedukasi meningkatkan perilaku hidup bersih, jika sakit segera berobat ke fasilitas kesehatan dan menggunakan masker untuk menghindari penyebaran virus, " ujarnya.

Ditambahkannya, mekanisme pemeriksaan alat pemindai suhu tubuh yakni penumpang yang melewati alat tersebut jika terdeteksi suhu di atas 38 derajat, maka penumpang akan dibawa ke ruang isolasi KKP.

"Penumpang langsung dibawa ke ruang isolasi KKP Bandara Pattimura, setelah dilakukan pemeriksaan dan jika penumpang terdeteksi virus corona maka akan dirujuk ke RS terdekat di kota Ambon yakni RSUD Dr Haulussy," ujarnya.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020