Sejumlah elemen di Maluku Utara (Malut) menyalurkan bantuan berupa ribuan Alat Pelindung Diri (APD) ke Posko Satuan Gugus Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan  COVID-19 Kota Ternate dalam rangka mendukung petugas medis menangani pasien COVID-19.

Anggota DPD-RI asal Malut, Husain Sjah di Ternate, Rabu, menyatakan, bantuannya yang disalurkan ke Posko Satgas COVID-19 ini karena terbatasnya perlengkapan medis yang tersedia di RSU Chasan Boesoerie Ternate khususnya untuk APD dalam penanganan pasien COVID-19 di Malut.

Menurut Husain Sjah yang juga Sultan Tidore bantuan APD sebanyak lima koli ke posko Satgas Percepatan dan Penanganan COVID-19 kota Ternate, diterima Sekretaris Satgas COVID-19 kota Ternate.

Selain Sultan Tidore, salah satu perusahaan tambang di Malut memberikan bantuan sebagai bentuk rasa simpatik  dalam musibah non alam ini atas penyebaran virus corona atau COVID-19 yang melanda Indonesia, sehingga ribuan orang penderita virus tersebut, di mana puluhan orang sudah dinyatakan sembuh/namun virus itu sudah mengakibatkan ratusan orang meninggal dunia.

Dia berharap adanya dukungan semua pihak untuk memutus mata rantai virus corona ini. tentunya membutuhkan penanganan semua pihak, terutama para perusahaan-perusahaan tambang di Malut untuk merespon sebaik-baiknya. 

Oleh karena itu, atas nama empat Kesultanan di Moloku Kie Raha mengapresiasi kepada pemerintah pusat dan daerah karena mengambil langkah untuk memutuskan mata rantai penularan COVID-19.

Sementara itu, Sekretaris Satgas COVID-19 Kota Ternate, Arif Gani menyatakan, APD yang diserahkan Sultan Tidore ini akan digunakan baik untuk petugas kesehatan maupun masyarakat yang membutuhkan.

"Kami telah membuka lima pintu posko dalam hal ini sebagai langkah pengawasan dan pencegahan orang yang datang di kota Ternate seperti pintu utama di bandara dan pelabuhan dengan memaksimalkan petugas kesehatan dalam mendukung dan memutuskan mata rantai penyebaran virus COVID-19 di Malut," ujarnya.
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020