Otoritas Bandara Sultan Babullah Ternate, Maluku Utara (Malut) menyatakan telah menggunakan fasilitas alat pengukur suhu tubuh thermoscanner dalam upaya mendeteksi penumpang baru tiba guna mengantisipasi mewabahnya virus COVID-19.

"Alat thermoscanner dipasang pada pintu kedatangan, sehingga setiap penumpang yang keluar bandara sudah langsung terdeteksi suhu tubuhnya yang langsung dipantau oleh petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Ternate," kata Kepala Seksi Promosi dan Pemberdayaan Masyarakat, Dinas Kesehatan Kota Ternate, Rini Apriany, SKM di Ternate, Kamis.

Menurut dia, fasilitas itu telah disediakan di pintu keluar ruangan kedatangan telah terpasang Thermoscanner, sehingga setiap penumpang yang keluar pasti terrekam suhu tubuhnya.

Sedangkan, untuk penanganan pencegahan COVID 19, KKP Kelas II Ternate bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Ternate untuk pemeriksaan dan pemantauan suhu tubuh penumpang baik kedatangan maupun keberangkatan.

Apalagi, kerjasama itu dilakukan guna permudah petugas dan jika dibandingkan dengan menggunakan thermometer infrared atau alat seperti pistol, sebab, kalau pakai alat seperti pistol yang anda lihat, itu akan setiap penumpang keluar diletakkan di kepala akan memakan waktu cukup lama.

Olehnya itu, dengan menggunakan thermoscanner setiap penumpang yang keluar langsung terdeteksi dan terekam dalam komputer monitoring yang dipantau langsung operator.

"Jika ditemukan penumpang yang suhu tubuhnya diatas normal, maka akan diambil data penumpang tersebut dan dikoorinasikan dengan petugas kesehatan gugus tugas kota Ternate, untuk diambil langkah-langkah penanganan selanjutnya berdasarkan protokoler penanganannya," kata Rini.

Dia menambahkan, setiap hari penumpang yang masuk dan keluar melalui Bandara Babullah Ternate sudah terdeteksi terkait dengan suhu tubuh dan yang pasti setiap penumpang masuk keluar melalui Bandara Babullah sudah terdeteksi semuanya, apalagi rata-rata dalam sehari penumpang yang masuk ke Ternate melalui Bandara Sultan Babullah sebanyak 1.000 orang

Sebelumnya, sejumlah penumpang dari berbagai kota tiba di Bandara Sultan Babullah, Ternate, tidak dilakukan pemeriksaan suhu badan melalui screening dan saat keluar hanya petugas mengambil data.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020