Polda Maluku Utara (Malut) dan Korem 152/Babullah Ternate bersinergi menyikapi masalah sosial di masyarakat terkhusus terdampak pandemi virus COVID-19 dengan membuat dapur lapangan guna memberikan makanan secara gratis sebanyak 1.000 bungkus setiap hari.

Kapolda Malut, Brigjen Pol Rikhwanto di Ternate, Kamis, menyatakan, makanan yang didistribusikan berupa makanan bungkus untuk masyarakat terdampak COVID-19 sebanyak 1.000 bungkus setiap harinya yang akan dibagikan oleh Bhabinkamtibmas dan Babinsa sesuai dengan wilayahnya masing-masing.

"Kegiatan ini dilaksanakan untuk membantu masyarakat terdampak COVID-19, guna mengatasi dampak sosial yang timbul di masyarakat, serta kepedulian Pemerintah kepada masyarakat yang terdampak dan kegiatan sosial pembukaan dapur lapangan TNI-Polri ini juga merupakan program kerja gugus COVID -19 Malut," kata Kapolda usai menyerahkan secara simbolis makanan ke anggota TNI-Polri di Lapangan Perikanan Bastiong, Ternate Selatan.

Menurut dia, pelibatan Bhabinkamtibmas dan Babinsa merupakan bentuk kehadiran Negara di tengah-tengah masyarakat serta kepedulian TNI-POLRI terhadap bencana yang melanda Indonesia sehingga TNI-Polri dalam membuka Dapur Lapangan yang juga merupakan Program Gugus Tugas COVID-19 Provinsi Malut.

Dimana, dalam pelaksanaan pendistribusian makanan dilaksanakan secara door to door di rumah masyarakat terdampak yang sudah didata setiap kelurahan untuk menghindari adanya kerumunan massa.

Pendistribusian makanan direncanakan hingga tanggal 29 Mei 2020 dan untuk pendistribusian pada bulan Ramadhan mendatang dilaksanakan sebagai menu buka puasa.

Kapolda menambahkan, pekerjaan memasak pada dapur lapangan ini dilakukan oleh anggota TNI-Polri yang juga dilaksanakan di seluruh kabupaten/kota Provinsi Malut.

"Setiap harinya akan didistribusikan 1.000 bungkus makanan, dan akan ditambah apabila ada permintaan lebih, semoga hal ini dapat bermanfaat dan meringankan beban masyarakat terdampak COVID-19 di Malut," katanya.

Kapolda Malut Brigjen Pol Drs Rikwanto, SH, M.Hum bersama Danrem 152/Babullah Kolonel Inf Endro Satoto, SIp, MM, beserta Ketua DPRD Malut Kuntu Daud, Kabinda Malut Brigjen TNI Dudy Fristiyanto, S.AP, M.AP, Kajati Malut Andi Herman, SH, MH, Kepala Dinas ESDM Malut Hasyim Daeng Barang, S.STP, M.Si, dan PJU Polda Malut melepas Pasukan kemanusiaan yang terdiri dari Bhabinkamtibmas dan Babinsa jajaran Polda Maluku Utara dan Korem 152/Babullah untuk menyalurkan makanan bungkus kepada masyarakat terdampak pandemi virus COVID-19 di masing-masing kelurahan binaannya.
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020