Kapolri Jenderal Pol Drs Idham Aziz, M.Si meresmikan peningkatan tipe tujuh Polda di Indonesia dari tipe B naik menjadi tipe A bertempat di Rupatama Mabes Polri, satu diantaranya Polda Maluku Utara.

Kapolda Malut, Brigjen Pol Rikwanto melalui siaran pers yang diterima Antara, Kamis, mengatakan, dari tujuh Polda yang diresmikan peningkatan tipe Polda dari B ke A yaitu Polda Sultra, Polda Gorontalo, Polda Maluku Utara, Polda Kep. Babel, Polda Papua Barat, Polda Sulbar dan Polda Kaltara.

Menurut dia, Polda Malut sejak berdiri pada tahun 2003 sampai sekarang, maka usia polda Maluku Utara genap 17 tahun, dan pada 22 April dan Polda Malut Resmi menjadi Polda Malut Tipe A. Peningkatan Tipologi Polda Maluku Utara ini membuktikan bahwa Polda Maluku Utara dinilai telah layak untuk dinaikan tipe dari B ke A melalui penilaian-penilaian dari segi dimensi Geografi, Demografi, Sumber daya alam, Ideologi, Politik, Ekomomi, Sosial budaya, harkambtibmas dan kemampuan kesatuan dari kemenpan-RB.

"Setelah Kenaikan Tipologi Polda Maluku Utara menjadi A, di saat yang bersamaan dikukuhkan juga Pati/Pamen Polri dari jabatan lama/dimutasikan dalam jabatan baru melalui Surat Telegram Kapolri Nomor ST/1278/IV/KEP./2020 tanggal 22 April 2020," katanya.

Untuk Pati/Pamen Polda Maluku Utara yang dikukuhkan dalam jabatan baru yaitu Kapolda Maluku Utara Brigjen Pol. Drs. Rikwanto, S.H., M.Hum dikukuhkan sebagai Kapolda Maluku Utara, Wakapolda Maluku Utara Kombes Pol. Lukas Akbar Abriari, S.I.K., M.H., dikukuhkan sebagai Wakapolda Malut, Irwasda Polda Malut Kombes Pol. Drs. Dicky Kusumawardhana., M.M, dikukuhkan sebagai Irwasda Polda Malut.

Sedangkan untuk pejabat Utama Polda Malut yang dikukuhkan yaitu Karo Ops Polda Malut, Karo Rena Polda Malut, Karo SDM Polda Malut, Karo Log Polda Malut, Dir Reskrimum Polda Malut, Dir Reskrimsus Polda Malut, Dir Resnarkoba Polda Malut, Dir Intelkam Polda Malut, Dir Binmas Polda Malut, Dir Samapta Polda Malut, Dir Pamobvit Polda Malut, Dir Lantas Polda Malut, Dansat Brimob Polda Malut, Dir Polairud Polda Malut, Kabidhumas Polda Malut, Kabidkum Polda Malut, Kabiddokkes Polda Malut, dan Ka SPN Polda Malut.

Untuk Pejabat Utama Polda Malut yang diangkat dalam jabatan baru yakni Wadir Resnarkoba Polda Malut AKBP Wahyu Agung Jatmiko, S.H., S.I.K., diangkat dalam Jabatan Baru Sebagai Kabid Propam Polda Malut, sedangkan AKBP Susanto, S.I.K yang sebelumnya menjabat sebagai Kabid Propam Polda Malut diangkat dalam jabatan Baru sebagai Wadir Pamobvit Polda Malut.

Sementara itu, Kabid TIK Polda Malut AKBP Nor Imansjah, S.H, diangkat dalam jabatan baru sebagai P.s Irbid Itwasda Polda Malut, yang digantikan oleh AKBP Dedy Kurnia Tri Jayeng Suprihadi, S.I.K., sebagai Kabid TIK Polda Malut dan Kabid Keu Polda Malut AKBP Endang Rukandi, S.E., S.H., M.H., diangkat dalam jabatan baru sebagai Kabid Keu Polda Bali, sedangkan Kombes Pol. Andi Mayangkara, SE Kabid Keuangan Polda Bali diangkat dalam jabatan Baru sebagai Kabid Keu Polda Malut.

 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020