Sekretaris komisi III DPRD Maluku, Rofiq Afifudin mengingatkan masyarakat agar mematuhi larangan mudik yang telah disampaikan pemerintah, karena secara tidak langsung telah membantu upaya memutuskan rantai penyebaran COVID-19.

"Sebaiknya untuk sementara waktu tidak usah melakukan aktivitas mudik ke kampung halaman karena dengan sendirinya telah membantu pemerintah dalam mencegah penyebaran virus corona," kata Rofiq di Ambon, Sabtu.

Menurut dia, DPRD mendukung anjuran pemerintah tentang larangan mudik untuk Lebaran tahun ini.

Anjuran pemerintah tentang warga sebaiknya tidak melakukan mudik ini telah disampaikan Presiden RI Joko Widodo.

Larangan agar masyarakat tidak melakukan mudik ke kampung halaman ini juga adalah demi kebaikan bersama sehingga semua orang diimbau untuk mematuhi larangan pemerintah.

"Kami meminta agar kita semua bisa mematuhi larangan itu demi kebaikan bersama sebab kita sebenarnya tidak tahu pasti apakah kita yang mudik itu terpapar virus corona atau tidak sehingga diperlukan dukungan dan sikap masyarakat," ujar politisi PPP ini.

Semua orang juga perlu bersikap waspada terhadap orang tanpa gejala dan harus meningkatkan kepekaan, karena belum ada penangkal virus yang tepat terhadap penyakit ini.

Rofiq juga mengharapkan agar anjuran pemerintah untuk tetap menjaga jarak dan menghindari kerumunan orang banyak, dengan cara tetap tinggal di rumah menjadi langkah yang mesti dilakukan.

Dia menambahkan, adanya kebijakan pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Regional oleh Pemprov Maluku maka diharapkan tidak ada arus mudik, sehingga pemanfaatan libur hendaknya tidak dilakukan dengan mudik namun tetap di rumah masing-masing.

 

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020