Sebanyak 19 orang warga Ambon dipulangkan ke rumah masing-masing usai menjalani isolasi terpadu di LPMP.

Juru bicara gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 Kota Ambon, Joy Adriaansz menyatakan, pemulangan19 warga berdasarkan hasil SWAB/PCR test negatif, yang dilakukan beberapa waktu lalu.

"Status 19 warga yang dipulangkan menjadi Orang Dalam Pemantauan (ODP), selanjutnya akan menjalani isolasi mandiri di rumah, " katanya, Selasa.

Ia mengatakan, selama masa isolasi mandiri di wilayah masing-masing akan dipantau oleh Puskesmas dan kelurahan setempat.

Ia menjelaskan, 53 warga yang menjalani isolasi mandiri telah mengikuti swab test, di mana hasilnya 19 warga dipulangkan karena negatif, 10 warga lain dinyatakan positif, sementara 24 warga lainnya masih sementara menunggu hasil swab.

"Sebanyak 10 warga yang terkonfirmasi positif, saat ini sementara dalam persiapan untuk dilakukan isolasi terpusat di BPSDM guna menjalani proses pengobatan lanjutan," kata Joy.

Sebelumnya, pada Sabtu (16/4) 10 orang dari 44 warga Waihaong yang merupakan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang mengikuti karantina di LPMP, juga telah dipulangkan ke rumah.

Dari 44 orang warga Waihaong yang mengikuti karantina terpadu, 20 orang diantaranya telah mengikuti swab test tahap pertama.

"Hasilnya enam orang dinyatakan positif, sepuluh orang negatif, dan empat sisanya tengah menunggu hasil. Pasien positif telah dipindahkan empat orang di BPSDM dan dua orang dan Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) Halong, " katanya.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020