Sejumlah perusahaan tambang di Maluku Utara (Malut) menyalurkan bantuannya ke Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 berupa Alat Pelindung Diri (APD) dan berbagai kebutuhan dalam penanganan COVID-19 di wilayah setempat.

"Kami telah menerima bantuan dari manajemen PT Gebe Sentra Nickel, PT IWIP dan PT Fajar Bhakti Lintas Nusantara," kata Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Malut, Syamsuddin A Kadir di Ternate, Kamis.

Menurut dia, bantuan yang disalurkan ini masing-masing dari PT Fajar Bhakti berupa 500 Pcs masker bedah, PT Gebe Sentral Nikel berupa 500 pcs masker bedah, PT IWIP berupa 50 pcs cover all suit, 11.000 pcs masker bedah, 100 pcs masker N95, 1.000 pcs hanscoen non steril M, 200 pcs baju hazmat.

Selain itu, sehari sebelumnya, TNI menyalurkan bantuan 41 Koli Alat Perlindungan Diri (APD) dari Gugus Tugas Nasional untuk diserahkan kepada Gugus Tugas Penanggulangan COVID-19 Malut.

Dia menyatakan, pengiriman ini merupakan shortie kesebelas bantuan dari Gugus Tugas Nasional kepada Gugus Tugas Provinsi dalam rangka penanggulangan COVID-19 di Malut.

Bantuan itu diserahterimakan dari Danrem 152/Babullah diwakili Kasrem 152/Babullah Letkol Kav Tri Sugiarto kepada Kepala Dinas Kesehatan Prov Maluku Utara dr Idhar Sidi Umar, M.Kes.

Kemudian APD tersebut disimpan ke Gudang Gugus Tugas Penanggulangan COVID-19 Malut untuk selanjutnya disalurkan ke Faskes maupun Kab/Kota sesuai keperluan.

Sementara itu, dalam rangka upaya pencegahan penanggulangan wabah COVID-19,Polda Maluku Utara dalam hal ini Biddokkes Polda Malut menerima bantuan Alat Pelindung Diri (APD) untuk RS Bhayangkara TK IV Polda Malut dari Forum BUMN Provinsi Malut.

Bantuan yang diberikan Oleh Forum BUMN Provinsi Maluku Utara ini diberikan kepada Biddokkes Polda Maluku Utara untuk dipergunakan di RS Bhayangkara Polda Maluku Utara yang diserahkan secara langsung oleh Kabiddokkes Polda Maluku Utara AKBP drg Subur bersama Forum BUMN Provinsi Maluku Utara kepada RS Bhayangakara Polda Malut.

Kepala Rumkit Bhayangkara Kompol drg Tenang Wahyudi menerima langsung bantuan tersebut dan mengapresiasi kepada Forum BUMN Provinsi Maluku Utara yang telah memberikan bantuan berupa APD untuk penanggulangan COVID-19 di Provinsi Malut.

Sementara itu Kabidhumas Polda Malut, AKBP Adip Rodjikan menambahkan bahwa dengan adanya bantuan APD tersebut akan dipergunakan sebaik-baiknya dalam penanganan COVID-19 di Maluku Utara.

 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020