Gugus Tugas  Percepatan Penanganan (GTPP)  COVID-19 Maluku Utara (Malut) mencatat, angka pasien sembuh di daerah ini meningkat, berdasarkan  hasil pemeriksaan melalui TCM RSU Chasan Boesoerie Ternate dengan empat orang dinyatakan sembuh.

Juru Bicara GTPP COVID-19 Malut, dr Alwia Assagaf di Ternate, Selasa, mengatakan, empat orang dinyatakan sembuh berasal dari Kota Tidore Kepulauan dan Kota Ternate, sehingga Malut saat ini memiliki pasien sembuh COVID-19 sebanyak 141 orang.

Menurut dia, mereka dinyatakan sembuh yakni pasien 146 berinisial RDW asal Tidore Kepulauan serta pasien 253 berinisial S, pasien 331 inisial NI dan pasien 657 berinisial LS asal Kota Ternate.

Sedangkan, untuk pasien yang dinyatakan meninggal dunia akibat terkonfirmasi positif COVID-19 di Malut sebanyak 39 orang.

Alwia menyatakan, pihaknya pada 14 Juli 2020 telah menerima hasil pemeriksaan melalui laboratorium TCM RSU Chasan Boesoerie Ternate dan Prodia Ternate ditemukan dua orang pasien terkonfirmasi positif berasal dari Kota Ternate dan Tidore Kepulauan.

Olehnya itu, dengan penambahan dua pasien positif baru ini, maka Malut saat ini memiliki pasien COVID-19 menjadi 1.145 orang. 

Alwia mengemukakan, kategori Orang Tanpa Gejala (OTG) 1.586 orang, Orang Dalam Pemantauan (ODP) 121 orang dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 57 orang.

Untuk pemeriksaan tes cepat sampai hari ini dilakukan terhadap 17.948 orang, di mana enam orang reaktif dan 16.545 lainnya  non reaktif.

Dia menambahkan, saat ini, sebanyak 33 orang menjalani perawatan di RSUD Chasan Boesoerie Ternate dengan 23 orang diantaranya  positif COVID-19, tujuh orang PDP dan tiga orang ODP sedangkan karantinadi  Sahid Bella Hotel sebanyak 74 orang terdiri dari 69 pasien terkonfirmasi positif dan lima orang berstatus OTG.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020