Satuan Brimob Polda Maluku melakukan edukasi adaptasi kebiasaan baru terhadap masyarakat Kota Ambon dan sekitarnya melalui kegiatan patroli harkamtibmas meski pun masih diberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi.

"Setiap kegiatan patroli diberikan imbauan yang humanis dan jadilah contoh yang baik kepada masyarakat dan pelopor kesehatan," kata Dansat Brimob Polda Maluku, Kombes Pol M. Guntur di Ambon, Sabtu.

Misalnya kegiatan patroli Harkamtibmas penerapan pembatasan fisik yang dilakukan personil Kompi 4 Batalyon A Pelopor Satbrimob.

Kegiatan ini dilakukan pada salah satu bengkel motor di Pasar Batu Merah, Kota  Ambon untuk memberikan arahan kepada mereka wajib menggunakan masker saat bekerja.

Sebab masker ini sangatlah penting untuk kesehatan mereka dan juga menerapkan menjaga jarak, karena di masa ini masyarakat harus seluruhnya paham atas pentingnya pola hidup sehat secara mandiri.

Kegiatan patroli dan imbauan di bengkel ini adalah salah satu upaya memerangi bersama virus corona, serta memberikan  edukasi tentang bahaya penyebarannya dan bagaimana cara mencegahnya di masa adaptasi baru.

"Gunakan masker dengan benar hingga menutupi mulut dan hidung ketika anda sakit atau saat berada di tempat umum. Buang tisu dan masker yang sudah digunakan ke tempat sampah dengan benar, lalu cucilah tangan," ujar Guntur.

Selalu pantau perkembangan pandemi COVID-19 dari sumber resmi dan akurat, karena informasi dari sumber yang tepat dapat membantu mencegah dan melindungi warga dari penularan dan penyebaran, termasuk mengikuti arahan serta informasi dari petugas kesehatan dan Dinas Kesehatan setempat.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk Bakti Brimob Polda Maluku terhadap masyarakat yang terdampak COVID–19 untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona.

"Masyarakat sekarang harus bisa menjaga diri dengan cara pola hidup sehat dan rajin cuci tangan serta membersihkan lingkungan sekitar, termasuk tidak bersentuhan langsung dengan orang yang tidak dikenali," tandas Guntur..


 

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020