Kapolda Maluku, Irjen Pol Baharudin Djafar mengingatkan, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu)  bersama aparat kepolisian agar  serius dan bersinergi dalam mengawasi  pelaksanaan Pilkada pada empat kabupaten di Provinsi Maluku yang dijadwalkan berlangsung pada 9 Desember 2020.

"Pesan kami jangan sampai ada anggota yang dalam pelaksanaan tugasnya main-main di lapangan dan kita harus selalu melakukan pengawasan," kata Kapolda Maluku Irjen Pol Baharudin Djafar di Ambon, Rabu.

Penegasan tersebut disampaikan Kapolda saat menerima kunjungan kerja Bawaslu Maluku, Abdullah Ely bersama rombongan di Mapolda Maluku.

Kapolda juga mengingatkan bagaimana bisa menyatukan pemikiran secara bersama antara Bawaslu dengan Polda apabila ada gejala ketidaknetralan anggota atau penyelenggara di lapangan nanti.

"Bagaimana kita menyatukan pemikiran apabila ada gejala anggota kita yang main-main agar segera kita tindak. Saya mau kita bersama kerja benar," katanya menegaskan.

Dia juga kembali mengingatkan kepada Bawaslu dan KPU selaku penyelenggara pikada serentak bahwa dirinya selaku Kapolda Maluku tidak main-main dalam hal ini.

"Saya konsisten untuk mengamankan pelaksanaan tahapan pilkada di empat kabupaten di Provinsi Maluku ini, dan apabila selama saya di sini ada anggota yang melakukan kesalahan akan diproses sesuai prosedur," katanya.

Baik Bawaslu maupun aparat kepolisian perlu menyatukan niat dan tekad yang bulat dalam mensukseskan penyelenggaraan Pilkada serentak di Provinsi Maluku.

Kedatangan Ketua Bawaslu provinsi beserta staf yang disambut kapolda juga turut dihadiri sejumlah pejabat utama polda di antaranya Karo OPS, Dir Intelkam, serta Dir Reskrimum Polda Maluku.
 

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020