Pasangan calon (paslon) Wali Kota - Wakil Wali Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) menjanjikan untuk menyediakan pusat industri kreatif di daerah ini  guna meningkatkan ekonomi masyarakat setempat.

Calon Wali Kota Ternate, Hasan Bay, di Ternate, Senin, mengatakan, pusat  kreatif Ternate adalah sebuah ide besar untuk menggerakkan potensi ekonomi kreatif yang ada di ibu kota Provinsi Malut.

Sehingga, dengan penyediaan berbagai fasilitas kepada pelaku ekonomi kreatif yang terdapat dalam wadah pusat kreatif Ternate, maka mendorong peningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

"Pusat kreatif Ternate  akan menjadi wadah bagi pelaku ekonomi kreatif yang rata-rata dimotori oleh anak-anak muda di daerah ini  melalui inkubator industri kreatif ini, mereka akan bertemu untuk berdiskusi, menampilkan konsep dan gagasan, serta karya-karyanya dalam berbagai bidang untuk membangun sebuah ekosistem ekonomi kreatif di masa yang akan datang," kata Hasan.

Dia menjelaskan, pusat kreatif Ternate akan menyediakan berbagai pagelaran, event, kolaborasi, promosi, dan sarana prasarana pendukung dalam mengembangkan karya-karya dan mewujudkan ide cemerlang anak-anak muda Kota Ternate. 

"Pusat kreatif Ternate tidak hanya sebagai sebuah bangunan yang menjadi ruang ekspresi kaum muda Kota Ternate, tapi akan menjadi sarana anak muda Ternate untuk mewujudkan mimpinya," tandas Hasan. 

Hal ini ditandai dengan berdirinya berbagai komunitas dari latar belakang yang berbeda. Mereka telah melakukan ragam kegiatan dengan memanfaatkan ruang-ruang publik di Ternate. Sebut saja misalnya di Benteng Orange, Taman Nukila, Land Mark, Lapangan Salero, dan di beberapa objek wisata di Kota Ternate. 

Kehadirian para komunitas dengan ragam kegiatan yang ikut menyediakan berbagai lapangan pekerjaan. Kemudian turut mengisi pembangunan Kota Ternate, sehingga perlu mendapatkan perhatian serius. 

Hasan  berpasangan dengan Moh. Asghar Saleh yang diusung Partai Golkar, Partai Gerindra dan Partai Hanura ini akan mendirikan Pusat Kreatif Ternate sebagai wujud kongkrit perhatian kepada para komunitas untuk bersama-sama membangun ekosistem industri kreatif di daerah ini. 

Sedangkan, Calon Wakil Wali Kota Ternate, Moh Asghar Saleh mengungkapkan, tujuan pendirian Pusat Kreatif Ternate antara lain memfasilitasi kegiatan anak-anak muda Ternate untuk mewujudkan hasil karya mereka dengan menyediakan sarana dan prasarana pendukung kegiatan-kegiatan kreatif di daerah ini. 

"Sebagai media kolaborasi antara pemerintah dan pelaku industri kreatif untuk membangun ekosistem ekonomi kreatif di Kota Ternate," ujarnya.

Sehingga, fokus Kegiatan di Pusat Kreatif Ternate meliputi pelatihan ekonomi kreatif, tarian dan musik, fotografi dan fashion, Animasi dan games, ruang kerja, pameran karya seni, budaya, dan sastra, Film, Literasi, dan  Workshop.
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020