Pertamina Marketing Operation Region VIII Maluku-Papua melalui Fuel Terminal Masohi dan Merauke melaksanakan Program Pertamina Sehat Ibu dan Anak Tercinta (SEHATI) untuk mengoptimalkan peranan posyandu mencegah gizi buruk, sekaligus meningkatkan imunitas masyarakat di tengah pandemi COVID -19.

"Kegiatan tersebut dilaksanakan di dua lokasi, yaitu Posyandu Matahari, Kelurahan Ampera, Kabupaten Maluku Tengah dan di Posyandu Pintu Air, Kelurahan Maro, Kabupaten Merauke, " kata Manager Communication, Relations, & CSR Marketing Operation Region VIII, Edi Mangun, di Ambon, Sabtu.

Dia mengharapkan posyandu dapat menjadi pusat kesehatan dasar dan mampu menyediakan informasi kesehatan yang lengkap sehingga dapat menjadi sentra kegiatan kesehatan masyarakat.

Posyandu salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) yang dikelola dan diselenggarakan dari dan untuk masyarakat, dalam upaya penyelenggaraan pembangunan kesehatan guna memberdayakan masyarakat dan kemudahan akses bagi masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar.

Di tengah pandemi COVID-19, katanya, posyandu membantu pemerintah dalam upaya sosialisasi, pencegahan penyebaran penyakit, dan dapat meningkatkan imunitas ibu dan anak.

"Program Pertamina Sehati diharapkan dapat meningkatkan kesehatan ibu dan anak, perbaikan gizi, dan imunisasi dimasa pandemi, " katanya.

Kegiatan itu terdiri atas penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, dan pemberian vitamin, serta pemberian makanan tambahan pada bayi dan balita berupa susu dan biskuit.

Selain itu, pemeriksaan ibu hamil untuk mengurangi risiko ibu Kekurangan Energi Kronis (KEK) yang dapat menyebabkan risiko kehamilan yang serius.

Khusus untuk lansia diberi makanan tambahan berupa susu khusus dan vitamin untuk menjaga kesehatan.

"Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan peran posyandu dalam dalam meningkatkan layanan kesehatan bagi balita agar menjadi generasi anak bangsa yang luar biasa dalam membangun negeri, " kata Edi.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020