Polda Maluku Utara (Malut) membantah adanya foto dan pemberitaan menyatakan, Calon Bupati (Cabup) Halmahera Selatan (Halsel), Usman Sidik bersama dan Kapolda baru Irjen Pol Risyapudin Nursin foto bersama merupakan foto lama.

"Foto yang beredar saat Cabup Halsel Usman Sidik bersama Kapolda Malut, Irhen Pol Risyapudin tersebut merupakan foto lama saat beliau masih menjabat sebagai Kakorbinmas Baharkam Polri pada Februari 2020," kata Kabid Humas Polda Malut AKBP Adip Rodjikan di Ternate, Jumat.

Dia menyatakan benar adanya informasi pada 18 November 2020 telah beredar foto calon Bupati Kabupaten Halsel,  Usman Sidik bersama Irjen Pol. Risyapudin Nursin, yang saat ini menjabat sebagai Kapolda Malut.

Dia menjelaskan bahwa foto tersebut diambil setelah pelaksanaan serah terima Jabatan Kakorbinmas Baharkam Polri dan dipublish kembali pada 18 November 2020 melalui Grup Whatsapp

"Pengurus Besar Ikatan Keluarga Besar (PB IKB) Waigintang yang dikirim oleh Yusuf merupakan rekan dari Usman Sidik yang diketahui foto tersebut diambil dari akun Usman Sidik," ujarnya.

Dia mengimbau kepada rekan-rekan media sebelum memuat sebuah berita harus dipastikan kebenarannya serta menerapkan prinsip cover both side, sehingga berita dapat lebih dipertanggungjawabkan dan tidak sensasional atau bahkan sampai menciptakan opini negatif yang dapat mengganggu situasi Kamtibmas di Malut, khususnya menjelang pelaksanaan Pilkada pada 9 Desember 2020.

Adip mengemukakan, netralitas merupakan harga mati bagi Polri, hal tersebut dengan tegas disampaikan Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis,  saat memimpin pelaksanaan Serah terima jabatan delapan Kapolda pada beberapa waktu lalu.

"Untuk personel Polri, khususnya Polda Malut dengan tegas menyatakan netralitas dalam pengamanan Pilkada 2020 merupakan harga mati," tandasnya.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020