Kapolda Maluku,  Irjen Pol Refdi Andir menegaskan, polisi haruslah berada di tengah masyarakat untuk bisa memberikan rasa aman dan nyaman, serta senantiasa melakukan tindakan sesuai prosedur baik secara preemtif,  preventif, maupun penegakan hukum.

"Tindakan preemtif sangat penting bagi suatu organisasi, khususnya Polri. Tindakan ini merupakan kegiatan mengimbau dan merangkul masyarakat untuk memberikan arahan mengandung unsur muatan lokal serta hal-hal yang baik," kata Kapolda saat melakukan kunjungan kerja ke Polres Maluku Tengah (Malteng), di Masohi, Selasa.

Menurut dia, kalau tindakan preventif yakni kegiatan pencegahan, yaitu meniadakan kesempatan terjadinya sebuah peristiwa pidana, sehingga Polisi harus banyak bertemu dengan masyarakat dan berada di tengah mereka.

Selain tindakan preemtif dan preventif, mantan Kakor Lantas Polri ini juga mengingatkan para personel untuk bisa mengambil langkah terakhir yaitu penegakan supremasi hukum.

"Penegakan hukum harus berkeadilan dan tidak berpihak dan jangan sampai kita hanya melihat dari satu sisi saja apabila menghadapi sebuah kasus," tegas Kapolda.

Mengenai penegakan hukum, dia juga meminta Polres Malteng  untuk kembali meninjau kembali kasus-kasus lama yang belum bisa diselesaikan.

"Untuk kasus-kasus yang menjadi tunggakan, yang sudah lama dan menumpuk, kiranya ditinjau dan didalami kembali serta dipilah-pilah agar bisa diselesaikan," tandasnya.

Kapolda juga mengakui kalau hal yang sulit dilakukan oleh manusia yaitu kejujuran yang pada hakekatnya merupakan fondasi kehidupan, sehingga seluruh personel Polri di Malteng lebih berkomitmen dan memelihara kejujuran.

"Maka dari itu marilah kita berusaha untuk lebih berkomitmen dan memelihara kejujuran karena itu adalah pondasi penting dalam kita berkehidupan," ujarnya.

Di sisi lain, Pemerintah Indonesia saat ini sedang fokus untuk mengembangkan sektor ekonomi yang lebih sehat.

"Kita sebagai Polisi bertugas menegakkan hukum untuk membantu proses tumbuh kembang pertumbuhan ekonomi di Indonesia," kata Kapolda.

Di tengah pandemi COVID-19, Kapolda berpesan kepada personel Polri untuk senantiasa menjaga kesehatan dan penampilan, baik fisik, kecakapan maupun pengetahuan.
 

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020