Wali Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) Burhan Abdurahman menyatakan, seluruh kebutuhan surat suara hingga kesiapan petugas Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) pada 9 Desember 2020 ini tidak ada kendala.

"Seluruh kesiapan mulai dari TPS, petugas, surat suara, alat peraga dan berbagai kebutuhan lainnya untuk pencoblosan relatif tidak ada masalah," katanya saat melakukan pengecekan seluruh kebutuhan TPS di Ternate, Selasa.
Wali Kota Ternate, Burhan Abdurahman bersama Forkompimda mengecek seluruh kebutuhan surat suara hingga kesiapan petugas Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) 9 Desember 2020 dan tidak ada kendala (Abdul Fatah)
Menurut dia, ada TPS khusus bagi pemilih suhu tubuhnya di atas 37 derajat yang akan melakukan pencoblosan di TPS telah disediakan.

"Ada petugas kesehatan sebanyak 450 orang yang ditempatkan di TPS dan para pemilih mengikuti protokol kesehatan, guna menghindari penularan COVID-19," katanya.

Selain itu, tata cara pencoblosan akan dilakukan dengan cara yang sama, tetapi kali ini harus menerapkan protokol kesehatan.

Dia mengimbau kepada seluruh masyarakat agar menyukseskan Pilkada, dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan melalui penggunaan masker, agar tidak adanya klaster baru penyebaran COVID-19 di wilayah Kota Ternate.

Oleh karena itu, para pemilih saat datang di TPS mematuhi protokol kesehatan, agar terhindar dari penularan virus corona.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Ternate, M.Zen Karim menyatakan, surat suara sesuai DPT sebanyak 117.120 pemilih.telah tersalurkan ke masing - masing TPS.

Dia menjelaskan, penetapan DPT itu, rinciannya laki-laki sebanyak 57.064 orang dan perempuan sebanyak 60.056 orang dan mereka tersebar di delapan kecamatan, 78 kelurahan dan 422 TPS.

Penetapan DPT untuk pilkada Kota Ternate tahun 2020 tersebut berdasarkan hasil rekapitulasi daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHP), sebelumnya, DPS di Kota Ternate ada sebanyak 115.880 orang. dan dari hasil pleno di Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) di delapan PPK jumlah DPSHP bertambah sebanyak 117.161.

Akan tetapi pada saat pleno di tingkat KPU Kota Ternate kembali Bawaslu merekomendasikan dan dilakukan validasi di lapangan sehingga terjadi perbaikan di tingkat Kota untuk ditetapkan sebagai DPT sebanyak 117.120. 

 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020