Kapolda Maluku Utara (Malut), Irjen Pol Risyapudin Nursin mengecek kesiapan pos pengamanan dalamrangka Operasi Lilin Kieraha tahun 2020 hingga Polres jajaran mendirikan pos-pos pengamanan guna memantau situasi Kamtibmas pada pelaksanaan perayaan natal 2020 dan tahun baru 2021.

"Pengecekan tersebut dilaksanakan dalam rangka memantau situasi Kamtibmas dalam rangka menciptakan situasi kamtibmas tetap kondusif menjelang perayaan natal 2020 dan tahun baru 2021," kata Kabid Humas Polda Malut, AKBP Adip Rodjikan di Ternate, Rabu.

Dia mengatakan, pihaknya telah menyiagakan personelnya di beberapa titik di Kota Ternate dan di Kabupaten/Kota Wilayah hukum Polda Malut.

Menurut dia, dalam pengecekan itu, Kapolda didampingi  Wakapolda Malut Brigjen Pol. Lukas Akbar Abriari dan beberapa pejabat utama Polda Malut melaksanakan pengecekan pos pengamanan yang ada di Kota Ternate yakni Pos Pam pelabuhan Fery Bastiong maupun Bandara Sultan Babullah Ternate.

Dia mengatakan, pengecekan tersebut dilaksanakan dalam rangka memastikan kesiapan personel, sarana dan prasarana dalam pelaksanaan tugas pengamanan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

"Pengecekan ini dilakukan guna memastikan kesiapan petugas di lapangan dan memberikan apresiasi serta motivasi terhadap anggota serta mengecek situasi dan kondisi lapangan yang mengedepankan protokol kesehatan COVID-19," katanya.

Selain itu, pos-pos pengamanan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 yang diisi oleh TNI, Polri, Dinas Perhubungan dan Instansi terkait lainnya merupakan bentuk kehadiran negara di tengah-tengah masyarakat guna menciptakan situasi kondusif pada perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

Adip mengemukaakan, selain menjaga situasi Kamtibmas, personel pengamanan juga melakukan penertiban dan imbauan penerapan protokol kesehatan agar tercipta situasi aman, kondusif dan bebas dari COVID-19.

"Kami  mengimbau masyarakat agar bersama-sama menjaga situasi kamtibmas tetap kondusif, serta bagi warga  yang merayakan Natal untuk tetap menerapkan protokol kesehatan sehingga perayaan Natal dan Tahun Baru dapat berlangsung  aman dan sehat," tandasnya.

 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020