Keluarga Malamo Ternate, Maluku Utara (Malut) intensif bekerja sama berbagai elemen di daerah ini untuk penguatan nilai-nilai dan spirit perjuangan pahlawan nasional Sultan Baabullah saat mengusir penjajah Portugis di bumi nusantara.

"Meskipun pemerintah telah menetapkan Sultan Baabullah sebagai pahlawan nasional pada 10 November 2020. Tetapi, tetapi masyarakat Ternate memandang perlu keputusan nasional itu ditindaklanjuti dalam bentuk penguatan nilai-nilai dan spirit perjuanganSultan  Baabullah ketika mengusir penjajah (Portugis) dari bumi Nusantara dengan menjalin kerja sama dengan berbagai elemen untuk mendorong perjuangannya masuk kurikulum sekolah," kata Presidium Keluarga Malamo Ternate, Roni M Saleh di Ternate, Minggu.

Olehnya itu, pihaknya telah menjalin kerja sama dengan Korem 152/Baabullah sebagai lembaga Negara yang menggunakan nama Baabullah menjadi salah satu  institusi Negara menjadi simbol kebanggaan rakyat Ternate dan Moloko Kie Raha.

Sehingga, pihaknya bertujuan supaya ke depan Korem 152/Baabullah bersama Kesultanan Ternate dan Pemerintah Kota Ternate bisa menjalin kerja sama dalam memberi pendidikan dasar kepada generasi muda terkait ketokohan dan legasi perjuangan Sultan Baabullah...

Spirit Perjuangan Sultan Baabullah mempertahankan kedaulatan Nusantara (Maluku) 500 tahun lalu, itu bagi kami, adalah semangat awal yang perlu ditanamkan menjadi motivasi  bagi setiap tugas dan tanggungjawab di setiap wilayah komando teritorial organisasi kemiliteran saat ini.

"Kami juga berharap supaya sama-sama kita mendorong sejarah perlawanan Baabullah ke dalam kurikulum pembelajaran ditingkat pendidikan SD, SMP dan SMA," katanya. 

Sedangkan, Danrem 152/Baabullah,  Brigjen TNI Imam Sampurno Setiawan mengatakan, jajarannya  akan selalu siap membantu dalam setiap hal yang tidak bertantangan dengan pemerintah.

"Kami siap mendukung semua program - program tersebut, apalagi bila mendukung pemerintah dalam rangka pembinaan generasi muda," tandasnya..

Seusai silaturahim dilanjutkan dengan tanda tangan Danrem 152/Baabullah di lukisan Sultan Baabullah, penyerahan cinderammata dari Ormas Keluarga MALAMO  berupa buku naskah akademik riwayat Kepahlawanan Sultan Baabullah dan  penyerahan kaos yang bergambarkan Sultan Baabullah Kepada Danrem Imam.
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021