Personil Kimia Biologi Radioaktif (KBR) Detasemen Gegana Satuan Brimob Polda Maluku melakukan sterilisasi pada sejumlah rumah sakit di Kota Ambon berupa penyemprotan cairan disinfektan untuk mencegah penyebaran virus corona.

"Dalam upaya pencegahan penularan COVID-19 yang telah mewabah di Maluku, maka Sat Brimobda Maluku yang tergabung dalam Satgas Aman Nusa ll melaksanakan penyemprotan cairan disinfektan pada sejumlah rumah sakit," kata Komandan Satuan Brimob Polda Maluku KBP M Guntur di Ambon, Selasa.

Penyemprotan yang dipimpin Pasi Ops Detasemen Gegana Polda Maluku, Iptu A Manullang hari ini di pusatkan pada RSUD dr M Haulussy dan Rumah Sakit Bhakti Rahayu Ambon.

Menurut dia, langkah ini sekaligus merupakan wujud kepedulian dan Bhakti Brimob untuk Indonesia khususnya warga di Kota Ambon dan sekitarnya.

"Selain penyemprotan, kami juga berikan sosialisasi kepada warga kota untuk selalu mematuhi imbauan pemerintah serta melaksanakan protokol kesehatan," ujarnya.

Warga selalu diingatkan untuk mengenakan masker pada saat keluar dari rumah, mencuci tangan di air yang mengalir, tidak berkumpul dalam jumlah banyak, serta melaksanakan sosial distancing atau menjaga jarak minimal 1 meter dengan orang lain.

"Tujuan utamanya adalah memutuskan mata rantai penyebaran virus corona di Kota Ambon," jelas Dansat Brimob.

Selain melakukan penyemprotan di sejumlah rumah sakit, pihaknya juga menyemprotkan sejumlah fasilitas umum di Kawasan Kota Ambon.

Usai melaksanakan penyemprotan, biasanya para personil unit KBR melaksanakan dekontaminasi mandiri demi membunuh virus corona pada APD yang mereka pakai dan selanjutnya kembali ke Makoden Gegana Satbrimob Polda Maluku guna melaksanakan penyemprotan desinfektan di tempat yang lain.

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021