Gubernur Maluku Murad Ismail mengangkat dan melantik dua orang Sekretaris Daerah yakni Muhammad Djumpa dan Syarif Makmur sebagai Pelaksana Harian (Plh) Bupati di Kepulauan Aru dan Seram Bagian Timur (SBT).

Pengangkatan dan pelantikan Plh Bupati Kepulauan Aru dan Plh Bupati SBT dilakukan Sekda Maluku Kasrul Selang, mewakili Gubernur Murad, di Ambon, Rabu.

Muhammad Djumpa dilantik sebagai Plh Bupati Kepulauan Aru, sedangkan Syarif Makmur sebagai Plh Kabupaten SBT.

Pengangkatan keduanya sebagai Plh dikarenakan masa tugas pasangan Bupati dan Wakil Bupati di dua wilayah itu itu telah berakhir pada 17 Februari 2021, serta belum ditetapkannya pasangan Bupati dan Wakil Bupati terpilih hasil pilkada serentak pada 9 Desember 2020, karena masih dalam proses persidangan gugatan di Mahkamah Konstitusi (MK).

Penunjukkan Plh Bupati di dua daerah tersebut ditandai penyerahan Kawat Gubernur Maluku Nomor 131/603 tertanggal 16 Februari 2021 tentang Penunjukkan Plh Bupati Kabupaten Kepulauan Aru, serta Kawat Gubernur Maluku Nomor 131/604 tertanggal 16 Februari 2021 tentang Penunjukkan Plh Bupati Kabupaten SBT.

Sekda Kasrul Selang berharap keduanya dapat melaksanakan tugas yang diberikan dengan penuh tanggung jawab, terutama menjamin sistem pemerintahan dan pelayanan sosial kemasyarakatan dapat berlangsung dengan baik, aman dan lancar.

"Peliharalah sistem dan pola hubungan kerja harmonis di lingkungan internal pemerintah kabupaten masing-masing maupun dengan mitra kerja, dalam rangka kelancaran tugas pembangunan dan pemerintahan," katanya.

Keduanya juga diingatkan untuk bekerja optimal bersama Satuan Tugas (Satgas) serta komponen masyarakat lainnya untuk tetap meningkatkan kewaspadaan ganda dan berlipat untuk mengatasi penularan COVID-19 di masing-masing daerah.

"Dengan mobilitas masyarakat yang aktif, maka kita semua harus meningkatkan kewaspadaan. Jangan lengah karena pandemi COVID-19 masih terus mengancam," katanya.

Di Kabupaten Kepulauan Aru, masa jabatan periode pertama Bupati Kepulauan Aru periode 2016-2021 yakni Johan Gonga-Muin Sogalrei berakhir pada 17 Februari 2021. Pasangan Johan-Muin kembali terpilih memimpin Kepulauan Aru untuk periode 2021-2026.

Sedangkan untuk Kabupaten Seram Bagian Timur masa jabatan Bupati Abdul Mukti Keliobas dan Wakil Bupati Fachri Husni Alkatiri, juga berakhir pada 17 Februari 2021.

Namun pada Pilkada serentak 9 Desember 2020, Mukti Keliobas yang berpasangan dengan Idris Rumalutur ditetapkan sebagai pemenang mengalahkan Fachri Husni Alkatiri yang berpasangan dengan Arobi Kelian.

Pewarta: Jimmy Ayal

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021