Komisi III DPRD Maluku memastikan pemerintah dalam waktu dekat akan melakukan perbaikan dermaga pelabuhan laut di Pulau Dawelor, Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD)  yang mengalami kerusakan parah sejak  2015.

"Mulai pekan depan pemerintah akan melakukan perbaikan jembatan tersebut,  tetapi sementara ini difokuskan untuk penimbunan dan dibuat rabat yang baru," kata anggota komisi III DPRD Maluku, Anos Yeremias di Ambon, Jumat.

Sedangkan kubus pada jembatan yang hanya berdiameter 1 x 1 meter dinilai terlalu kecil ukurannya, sehingga diusulkan untuk dibuat penambahan garis tengah kubusnya menjadi 2 x 2 meter.

Menurut dia, kepastian memperbaiki kembali dermaga pelabuhan laut ini setelah Kepala Unit Pelaksana Pelabuhan Wonrel-Kisar, Kabupaten MBD menemuinya di gedung DPRD Maluku.

"Jadi pekan depan sudah mulai dilakukan pengerjaan penimbunan serta memperbaiki beberapa bagian yang dalam kondisi bolong serta membuat rabat yang baru," ujarnya.

Sedangkan pengerjaan kubus akan ditangani tahun anggaran 2022 karena anggarannya telah diusulkan dan sudah dibentuk PPK.

Awalnya Komisi III DPRD Maluku menyampaikan kerusakan dermaga pelabuhan laut di Pulau Dawelor kepada Dinas Perhubungan Maluku, namun proyek pembangunannya ditangani Kementerian Perhubungan RI.

Sehingga komisi menyampaikan persoalan ini ke Kemenhub sejak beberapa tahun lalu saat dilakukan agenda penyampaian aspirasi kepada pemerintah.

Hal yang sama juga pernah terjadi untuk dermaga pelahuan laut di Hila, Pulau Romang, Kabupaten MBD tetapi sudah diselesaikan.
 

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021