Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku Utara (Malut) telah menjadwalkan pelantikan tiga pasangan Bupati / Wakil Bupati dan Wali Kota/ Wakil Wali Kota Tidore Kepulauan yang menang dalam pelaksanaan Pilkada serentak pada 9 Desember 2020.

Plt Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah (Otda) Setda Provinsi Malut, Taufiqurrahman, di Ternate, Selasa, mengatakan, pasangan Bupati dan Wali Kota  terpilih setelahke putusan Mahkamah Konstitusi (MK) dan telah ditetapkan oleh KPU Kabupaten dan Kota rencananya akan dilantik pada 26 Februari 2021.

Empat pasangan Kepala daerah terpilih yang akan dilantik sesuai Surat Menteri Dalam Negeri melalui Direktur Jenderal Otonomi Daerah bernomor 131/966/OTDA tanggal 15 Februari 2021 perihal pelantikan Bupati/Wakil Bupati dan Walikota/Wakil Walikota melalui media telecoference dan/atau video converence, baru tiga daerah yang memasukan berkas pengusulan pelantikan yakni Kota Tidore Kepulauan, Kabupaten Halmahera Timur (Haltim),dan Kabupaten Pulau Taliabu sedangkan yang belum sama sekali memasukan berkas yakni Kabupaten Halmahera Barat (Halbar).

"Berkas pengusulan pelantikan tiga kepala daerah itu kita sudah menyampaikan ke Mendagri sejak minggu lalu," ujarnya.

Kendati Kabupaten Halbar belum memasukkan berkas pengusulan pelantikan. Namun,  ketiga pasangan Bupati dan Wali Kota Tidore Kepulauan bisa dilantik.

Keputusan pelantikkan pada 26 Februari 2021 sesuai surat Mendagri, tetapi mudah-mudahan Kabupaten Halbar segera menyampaikan pengusulan agar dapat dilakukan secara bersamaan.

Empat pasangan kepala daerah yang menang di Pilkada itu diantaranya Bupati terpilih Halbar, James Uang - Jufri Muhammad, Haltim, Ubaid - Anjas, Pulau Taliabu Aliong Mus - Ramli dan Wali Kota/Wakil Wali Kota Tidore Kepulauan yang juga petahana Capt Ali Hi Ibrahim - Muhammad Sinen.

Taufiq mengakui pihaknya sedang menunggu proses suratkeputusan (SK) dari Kemendagri. "Kita sampai 23 Februari 2021 masih menunggu proses di Kemendagri. Mudah -mudahan 24 atau 25 Februari 2021 SK sudah diterima," tandasnya.

Pemprov Malut pada 23 Februari 2021 menggelar rapat bersama Plh Wali Kota Tidore Kepulauan, Plh. Bupati Haltim, Plh Bupati Halbar dan Plh Bupati Pulau Taliabu untuk membahas persiapan pelantikan empat pasangan Bupati dan Wali Kota terpilih secara virtual atau daring pada 26 Februari 2021.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021