Setiap personil Bhabinkamtibmas di jajaran Polda Maluku harus mampu melaksanakan tugas dengan menerapkan konsep Kapolri yang prediktif, responsibilitas, transparansi, dan berkeadilan (Presisi) di lapangan.

"Bhabinkamtibmas harus mengembangkan dan meningkatkan terus keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan pengabdian selaku insan bhayangkara Negara," kata kata Direktur Binmas Polda Maluku Kombes Pol Andy Ervyn di Ambon, Minggu.

Untuk mewujudkan Polri yang presisi, Direktorat Bimbingan Masyarakat Polda Maluku telah menggelar pelatihan peningkatan kemampuan personil, khususnya Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas).

Dia juga mengingatkan setiap personil Bhabinkamtibmas untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab serta kewenangan yang diberikan oleh negara secara konsisten, tegas, dan humanis.

Menurut dia, sebagai personil Polri di garda terdepan dalam melayani, mengayomi dan melindungi masyarakat, Bhabinkamtibmas juga diminta untuk bisa menampilkan keteladanan sebagai anggota yang senantiasa menjunjung tinggi hukum, etika, profesi, dan nilai-nilai moralitas.

Keteladanan itu harus terwujud dalam sikap, ucapan dan perilaku sehari-hari, baik di dalam maupun di luar.

"Peran Bhabinkamtibmas agar lebih terus ditingkatkan dan tetap semangat serta ikhlas dalam menjalankan tugas dan beban-beban yang diemban di lapangan," tegasnya.

Selain itu, setiap personil diharapkan untuk selalu mengedepankan protokol kesehatan dan meningkatkan deteksi dini, dan selalu membuat laporan-laporan polisi terkait kegiatan yang terjadi di lapangan, termasuk melakukan pendekatan maupun kerjasama dengan masyarakat, tokoh agama, adat, pemuda dan sebagainya.

"Buatkan rencana-rencana kegiatan di mana situasi dan kondisi cuaca yang ekstrim saat ini agar dapat dipahami masyarakat," pintanya.

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021