Komunitas Jurnalis Televisi Provinsi Maluku Utara (Malut)  menyalurkan 100 paket bantuan sembako kepada warga terdampak gempa bumi magnitudo 5,2 yang mengguncang Halmahera Selatan (Halsel) pada 26 Februri2021.

"Sangat mengapresiasi kepada Komunitas Jurnalis Televisi Malut karena telah membantu pemerintah daerah dalam mendistribusi bantuan sembako kepada warganya yang terdampak gempa bumi," kata Bupati Halmahera Selatan Bahrain Kasuba di Labuha, Selasa, usai menerima bantuan itu.

Dia mengatakan kepedulian dari para jurnalis itu bukan pertama kali, namun sudah sejak lama sehingga diharapkan kerja sama antara pemerintah daerah dan para jurnalis dapat dijaga dengan baik.

Selain itu, kata dia, saat ini Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, berupaya mendata rumah warga dan fasilitas umum yang rusak akibat gempa untuk kemudian membangun kembali dengan menggunakan anggaran tak terduga.

“Berharap adanya bencana gempa bumi yang melanda di Kabupaten Halmahera Selatan ini, melalui rekan-rekan komunitas jurnalis televisi untuk membantu dan mendorong percepatan penanganan di lapangan,”ujar Bahrain.

Ketua Komunitas Jurnalis Televisi Malut Sahrudin Nurdin mengatakan bantuan 100 paket sembako disalurkan dengan difokuskan ke tempat terparah, di Desa Amasing Kota Utara, Desa Towokona, Kecamatan Bacan Selatan,

"Aksi kemanusiaan yang dilakukan atas kepedulian dan reaksi para perwakilan (kontributor) jurnalis televisi nasional Malut dalam membantu para korban gempa bumi di Pulau Bacan," kata kontributor Berita Satu TV tersebut.

Dia menambahkan penyaluran bantuan paket sembako ini didukung jajaran TNI dari Kodim 1509 Labuha dan anggota Binmas Polres Halmahera Selatan. Dalam kesempatan itu, pihaknya juga membagikan masker dan sosialisasi protokol kesehatan.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021