Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Kantor Cabang Ternate, Maluku Utara (Malut) menggelar sosialisasi program jaminan sosial ketenagakerjaan kepada pekerja disabilitas di kantor BPJAMSOSTEK Cabang Ternate, Sabtu (13/3).
Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Kantor Cabang Ternate, Maluku Utara (Malut) menggelar sosialisasi Program jaminan sosial ketenagakerjaan kepada Pekerja Disabilitas di Kantor BPJAMSOSTEK Cabang Ternate, Sabtu (13/3). (Abdul Fatah)

Kepala Bidang Kepesertaan BPJAMSOSTEK Cabang Ternate, Mohammad Saaid Bin Lamenni di Ternate, Sabtu, menjelaskan bahwa tujuan dilakukan sosialisasi adalah memberikan edukasi tentang pentingnya program dan manfaat BPJAMSOSTEK.

Kegiatan yang dihadiri oleh sekitar 60 orang ini terdiri dari gabungan perhimpunan disabilitas Kota Ternate, yakni Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia, Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia dan Ikatan Keluarga Disabilitas Kota Ternate.

"Bersama wahana visi Indonesia, pekerja disabilitas Kota Ternate akan terlindungi program jaminan sosial ketenagakerjaan," kata Saaid

Penyelenggaraan kegiatan ini diharapkan bisa memberikan kesadaran akan pentingnya jaminan sosial ketenagakerjaan bagi seluruh pekerja, baik pekerja formal maupun pekerja informal atau mandiri.

"Menjadi peserta BPJAMSOSTEK merupakan suatu ikhtiar dalam melindungi diri kita dari segala risiko akibat pekerjaan, tidak hanya bagi pekerja formal di perusahaan tapi bagi pekerja mandiri juga perlu perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan," kata Saaid.

Sementara itu, Team Leader Wahana Visi Indonesia, Maya Sinlae yang juga turut hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan bahwa adanya project I-COPE dari Wahana Visi Indonesia yaitu pemberian bantuan premi perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan kepada pekerja disabilitas Kota Ternate sesuai dengan syarat dan kriteria.

"Bantuan premi akan mulai aktif dibayarkan pada Juli 2021 dengan kriteria yang sudah ditentukan," ujarnya.

Meskipun begitu, peserta yang terlihat antusias mengikuti sosialisasi, langsung mendaftarkan diri secara mandiri menjadi peserta BPJAMSOSTEK di sesi akhir acara.

"Sangat bermanfaat, habis ikut sosialisasi, saya daftar sekarang 3 bulan dan nantikan dilanjutkan bantuan dari wahana visi, dan terusnya akan dilanjutkan lagi," kata Nurul, peserta sosialisasi yang juga bekerja sebagai pedagang kue.
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021