Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara (Malut), akan menggelar kejuaraan nasional (kejurnas) Sarung Tinju Emas (STE) Seksi Wartawan Olahraga (Siwo) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) pada September 2021.

"Saya memberikan apresiasi atas kepercayaan kepada Kabupaten Halsel sebagai tempat pelaksanaan kejurnas Sarung Tinju Emas SIWO PWI 2021 memperebutkan Piala Pangdam I/BB," kata Bupati Terpilih Halmahera Selatan, Hi Usman Sidik saat dihubungi dari Ternate, Kamis.

Usman mengatakan pembinaan olahraga itu jadi programnya bersama Wakil Bupati terpilih Bassam Kasuba, demi mewujudkan prestasi Halmahera Selatan di tingkat nasional maupun internasional.

"Provinsi Malut punya potensi yang cukup besar melahirkan petinju handal seperti Albert Papilaya, Welem Papilaya (almarhum) dan Hamdani Tomagola. Kejurnas ini cukup baik dan untuk itulah kami siap mendukung kegiatan ini demi lahirnya petinju yang mampu berbicara baik di tingkat nasional maupun internasional," kata Usman yang juga mantan wartawan RCTI tersebut.

Sementara itu, Ketua Siwo PWI Maluku Utara Asri Fabanyo mengatakan, Bupati Halmahera Selatan Terpilih Usman Sidik memang bertekad membangun potensi yang ada di Halsel dan salah satunya lewat olahraga tinju yang menjadi andalan Maluku Utara.

"Halmahera Selatan daerah yang indah dengan nuansa laut dan alamnya. Insya Allah Sarung Tinju Emas Siwo PWI 2021 bisa digelar di sini," kata Asri.

Sebelumnya, Ketua Umum PP Pertina Mayjen TNI (Purn) Komarudin Simanjuntak menerima pengurus Siwo Pusat di kantornya.

Dalam kesempatan itu, Ketua Siwo PWI Pusat Gungde Ariwangsa dan Sekjen Siwo PWI Pusat Suryansyah memaparkan rencana kegiatan Sarung Tinju Emas Siwo PWI yang rencananya akan digelar di Halsel pada September 2021 dengan mempertandingkan 17 kelas.

“Sebenarnya kami ingin menggelar pada tahun lalu di Banjarmasin. Tapi karena ada pandemi Covid-19 kami menundanya. Saat ini Maluku Utara juga menyatakan minatnya untuk menjadi tuan rumah event ini,” ucap Gungde Ariwangsa.

Atas gagasan ini, Ketua Umum PP Pertina Komaruddin Simanjuntak menuturkan bahwa kegiatan itu bisa saja menjadi kualifikasi untuk salah satu program PP Pertina yaitu Piala Presiden.

Rencananya PP Pertina ingin menggelar Piala Presiden pada Desember 2021 dan akan mengundang petinju dari negara lain.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021