Panitia pendaftaran Pemilihan rektor (Pilrek) Universitas Khairun (Unkhair) Ternate, Maluku Utara (Malut) periode tahun 2021-2025 mencatat, sebanyak sembilan bakal calon (balon) yang telah mendaftar untuk mengikuti pemilihan Rektor Unkhair.

"Pilrek telah ditutup sejak Senin 22 Maret 2021 dan untuk jumlah bakal calon hingga saat ini sebanyak 9 orang telah memasukkan berkas dan semuanya dinyatakan lengkap pada tahapan awal yakni verifikasi data," kata Ketua Panitia Pilrek Unkhair Ternate, Hidayatusalam di Ternate, Kamis.

Kesembilan nama-nama bakal calon tersebut di antaranya, Wakil Rektor I Unkhair Ternate, Suratman Sudjud, Warek Unkhair Ternate, III, Dr Syawal Abdulajid, SH, MH. Dr, Ridha Ajam, M.Hum, Prof. Irfan, S.Pi, M.Si, Dr Sutaryo, M.Ed Tesol, Dr. Nurkhalis Wahidin, M.Si, Dr. Nahu Daud, Dr. Muhtar Adam dan Dr. Samsu Somadayo.

Dia mengaku, hingga akhir pendaftaran, pada 22 Maret kemarin, pendaftar semuanya berasal dari internal Unkhair.

"Sampai kita tutup itu totalnya ada sembilan orang, delapan orang doktoral, satu guru besar, dan semuanya dari internal Unkhair, sebab sepanjang ini pihaknya belum menerima surel atau informasi dari perguruan tinggi lain untuk mendaftar sebagai kontestan pada Pilrek Unkhair 2021-2025," ujarnya.

Dia menyatakan, nantinya panitia akan melakukan evaluasi beberapa berkas dari bakal calon yang belum lengkap dan akan dipulangkan untuk dapat melengkapi berkas tersebut.

Namun, kata Hidayatusalam, pihaknya berikan waktu selama tiga hari sesuai ketentuan untuk melengkapi berkasnya, lalu kemudian masuk ke tahapan verifikasi dokumen.

"Kita melihat autentik tidaknya berkas, SK yang dimasukkan, terkait persyaratan manajerial yang dimiliki oleh masing-masing kandidat," ujarnya.

Hidayat menambahkan, komitmen tiap bakal calon ditunjukkan selama pemasukan berkas dan yang jelas kandidat yang maju bertarung bukan sekedar meramaikan, akan tetapi, masing-masing berkeinginan untuk memberikan sumbangsih terbaik untuk memajukan Unkhair dalam segala aspek.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021